75 Persen Keuntungan Industri Musik Diperoleh dari Streaming

Jum'at, 21/09/2018 21:35 WIB

Jakarta - Asosiasi Industri Rekor Amerika (RIAA) menemukan bahwa streaming sekarang menyumbang 75 persen dari pendapatan industri musik. Pendapatan streaming mewakili peningkatan 28 persen tahun-ke tahun, sebesar $ 3,4 miliar selama paruh pertama tahun 2018.

Angka-angka tersebut beragam bentuk streaming, termasuk layanan berbayar seperti Amazon dan Apple Music, radio digital seperti SiriusXM dan stasiun Internet lainnya, serta situs yang didukung iklan, sesuai permintaan seperti YouTube dan Vevo.

Spotify dan Pandora, yang menawarkan versi berbayar dan didukung iklan, juga termasuk dalam jumlah pendapatan streaming.

Meskipun banyak situs menawarkan musik gratis yang disertai iklan, laporan RIAA mengatakan layanan berlangganan berbayar melihat peningkatan pendapatan tertinggi dengan pertumbuhan 33 persen dari tahun ke tahun, sebesar $ 2,5 miliar.

"Subscribe berbayar telah menjadi format terbesar untuk musik berdasarkan pendapatan," kata laporan itu. dilansir UPI.

"Meskipun ada beberapa pengguna, streaming langganan sangat banyak dilakukan dengan pendapatan yang didukung iklan," tambah laporan tersebut

Karena semakin banyak orang mendengarkan musik melalui layanan streaming, CD sedang sekarat, turun 41,5 persen selama paruh pertama tahun 2018.

Namun, vinyl sebenarnya telah meningkat sebesar 12,6 persen karena penggemar dan penggemar musik telah membeli produk retro dalam jumlah yang terus meningkat.

Tahun lalu, penjualan vinyl mencapai tertinggi dalam 25 tahun .

Untuk saat ini, CD masih mengungguli vinyl. Selama paruh pertama tahun ini, CD menyumbang sekitar $ 246 juta dalam penjualan, dibandingkan dengan $ 199 juta untuk vinyl.

Tetapi jika kecepatan saat ini terus berlanjut, vinyl bisa menjadi bentuk fisik musik paling laris tahun depan.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2