Konsumsi Pangan Lokal Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Sabtu, 18/08/2018 16:16 WIB

Jakarta - Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan) Suwandi, optimistis program konsumsi pangan lokal Indonesia bisa menjangkau lebih banyak generasi muda.

Hal ini juga berdampak positif dalam menanggulangi kebiasaan mengonsumsi pangan impor yang dianggap lebih murah.

Wandi, sapaan Suwandi mengatakan, jika pemuda sudah sadar pentingnya mengonsumsi pangan lokal, maka ke depannya petani akan semakin sejahtera dan bahagia.

"Kami dorong dinas pertanian bagaimana memanfaatkan pangan lokal seperti kedelai, kentang, kopi yang berdampak ke wisatawan. Diharapkan naik turun tangga tidak lelah," jelas Suwandi.

Lebih lanjut, ia menekankan bahwa pangan lokal memiliki potensi yang luar biasa. Misalnya, kedelai lokal Non GMO, rasanya jauh lebih legit. Buah impor dan lokal rasanya saja lebih enak. Pangan lokal jelas cita rasa dan asal usulnya, tanpa treatment.

"Pangan lokal unsurnya lebih fresh dibanding impor. Ayo kita sukai pangan lokal kita," tegasnya.

Kementan selama ini kata Suwandi, berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas pangan Indonesia selain dari sisi kuantitas produksi.

"Upaya yang telah dilakukan diantaranya peningkatan pembudidayaan secara organik dan peningkatan kulitas budidaya produksi," sebut Suwandi.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2