AS Janjikan Rp4,3 Triliun untuk Dana Keamanan ASEAN

Sabtu, 04/08/2018 11:10 WIB

Singapura – Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menjanjikan dana keamanan sebesar US$300 juta (Rp4,3 triliun) untuk ASEAN. Dana keamanan tersebut akan dikucurkan dalam rangka melawan dominasi China di Asia Tenggara.

“Sebagai bagian komitmen kami untuk memajukan keamanan di regional Indo-Pasifik, AS dengan senang hati mengumumkan US$300 juta untuk pendanaan baru, dan memperkuat kerja sama keamanan di seluruh wilayah,” ujar Pompeo dilansir dari Reuters dalam acara pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN, Jumat (3/8).

Pompeo menjelaskan, bantuan keamanan diharapkan dapat memperkuat keamanan maritim, mengembangkan bantuan kemanusiaan, kemampuan pemeliharaan perdamaian, dan melawan ancaman transnasional.

Awal pekan ini, AS akan menginvestasikan $ 113 juta dalam prakarsa teknologi, energi dan infrastruktur di negara-negara berkembang Asia yang disebutnya sebagai “uang muka untuk era baru ekonomi AS di kawasan ini”.

Visi Amerika Serikat untuk "Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka" datang pada saat yang sama, ketika China meningkatkan pengaruhnya sebagai bagian dari rencana Belt and Road, guna meningkatkan hubungan perdagangan dengan negara-negara di Asia Tenggara dan sekitarnya.

Para analis mengatakan perselisihan perdagangan yang keras antara Beijing dan Washington juga berpengaruh pada ketegangan atas isu-isu hotspot regional lainnya, seperti Laut Cina Selatan, yang diklaim secara keseluruhan oleh China dan sebagian oleh beberapa negara Asia Tenggara.

TERKINI
DPR Minta Jepang Ajarkan Smart Farming ke Petani Muda Indonesia MU Belum Rela Berpisah dengan Greenwood Gerindra Tegaskan Tak Punya Masalah dengan PKS Haaland Sebut Peran Pep di Balik Quadtrick Kontra Wolves