Pasca-Lebaran, Waspada Terkena Diare

Senin, 25/06/2018 16:20 WIB

Jakarta - Masalah gangguan pencernaan seperti diare merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi saat mudik. Apalagi jika Anda cenderung makan sembarangan.

Akibatnya, bakteri dan kuman jadi sangat mudah masuk ke dalam saluran pencernaan dan menyebabkan diare. Perjalanan mudik yang seharusnya menyenangkan pun, jadi terasa menyiksa karena penyakit yang satu ini.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat diare tertentu, sebaiknya Anda periksa dulu kira-kira apa yang menjadi penyebab diaremu. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan penanganan yang tepat sasaran.

Dilansir dari laman Halodoc, ada beberapa penyebab diare, sehingga penanganannya pun harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut penyebab-penyebab diare:

1. Infeksi Bakteri

Mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri-bakteri seperti Campylobacter, Clostridum difficile, Salmonella, dan Escherichia coli bisa menyebabkan keracunan makanan, hingga akhirnya berujung pada diare.

Gejala-gejala diare seperti ini antara lain demam, kotoran yang keluar berlendir atau mengeluarkan darah yang menunjukkan adanya peradangan di dalam perut.

2. Gangguan Makan

Tidak sengaja mengonsumsi makanan yang memicu alergimu kambuh juga bisa menyebabkan diare. Biasanya kebanyakan orang memiliki intoleransi terhadap fruktosa (pemanis alami pada madu dan buah-buahan) dan intoleransi terhadap laktosa (susu dan produk sejenisnya).

Diare yang disebabkan karena gangguan makan biasanya tidak disertai demam dan tidak sakit perut, namun kotoran yang keluar cenderung encer.

Saat mengalami diare, banyak orang yang berusaha menghentikannya dengan mengonsumsi obat diare. Tapi tahukah Anda, tidak semua obat diare cocok untuk menyembuhkan diare lho. Anda perlu memastikan terlebih dahulu komposisi obat diare yang tepat.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?