Cara Mudah Mengajarkan Si Kecil Makan Buah

Sabtu, 24/11/2018 21:30 WIB

Jakarta - Masyarakat Indonesia tergolong kurang makan sayur dan buah. Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 lalu menyebutkan bahwa 93,5 persen penduduk berusia di bawah 10 tahun, tidak mengkonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran. Padahal, konsumsi sayur dan buah,sangat penting untuk gizi seimbang Si Kecil.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan balita serta anak usia sekolah untuk mengkonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram per orang per hari, remaja hingga dewasa sebanyak 400-600 gram per orang per hari. Sekitar 2/3 dari jumlah anjuran konsumsi tersebut disarankan dalam porsi sayur.

Sayur dan buah memang bukan makanan favorit anak-anak pada umumnya dimana secara statistik, perilaku ini tidak hanya menjadi fenomena di Indonesia, namun di negara lainnya juga. Salah satu alasannya adalah rasa pahit atau asam pada buah dan sayur yang disebabkan oleh kandungan vitamin C dan serat.

Berbeda dengan orang dewasa, rasa pahit adalah rasa yang asing bagi anak-anak. Rasa manis dan asin lebih akrab karena demikianlah rasa ASI ataupun asupan MPASI.

Mengenalkan buah dan sayur untuk Si Kecil perlu dilakukan, karena keduanya mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai penelitian meta-analisis telah menunjukkan manfaat positif sayur & buah untuk mencegah serta menurunkan insiden sobesitas dan penyakit degeneratifkronis seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain.

Meskipun sayur dan buah memiliki peran yang cukup penting, tetapi untuk anak, khususnya di saat mulainya pemberian MPASI, perlu diketahui beberapa batasan pemberian sayur dan buah, karena di saat ini dibutuhkan makanan padat energy untuk menunjang pertumbuhan yang pesat.

 

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2