Yaya Toure Bakal Hengkang dari City

Sabtu, 05/05/2018 05:01 WIB

Jakarta - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menyatakan bahwa Yaya Toure akan meninggalkan Manchester City ketika kontraknya berakhir pada akhir musim ini.

Gelandang berusia 34 tahun itu bergabung dengan City dari Barcelona pada tahun 2010 dan menjadi kekuatan pendorong di balik kesuksesan City selama dekade terakhir.

Toure mencetak gol kemenangan di final Piala FA 2011 melawan Stoke City, mengakhiri paceklik trofi 35 tahun untuk klubnya dan mahkota perdana Premier musim perdananya tiba di musim berikutnya.

Pemain internasional Pantai Gading mencetak gol dalam kemenangan final EFL Cup 2014 atas Sunderland dan menjaringkan penalti menentukan ketika City merebut kembali trofi dalam drama adu penalti melawan Liverpool dua tahun kemudian.

Gelar Premier League kedua datang di musim 2013-14, dengan Toure mencetak 20 gol liga yang luar biasa sebagai jenderal lapangan tengah di Stadion Eithad.

Sejak kedatangan Guardiola ke City, Toure mulai menjadi pilihan kedua bagi mantan pelatih Barcelona tersebut. Bahkan sembilan penampilannya bersama The Citizen datang dari bangku cadangan.

City akan mengangkat trofi Premier League setelah pertandingan mereka melawan Huddersfield Town pada Minggu dan Guardiola menegaskan kunjungan Brighton dan Hove Albion dalam pertandingan kandang terakhir mereka di sisa pertandingan akan menjadi ucapan selamat perayaan untuk Toure.

Ditanya apakah keputusan telah dicapai mengenai masa depan Toure, Guardiola mengatakan: "Ya, dia tidak akan tinggal di musim depan.

"Dalam pertandingan Brighton kita akan membuat salah satu perpisahan paling indah yang dapat diterima satu pemain," tambahnya.

"Semua pertandingan itu akan difokuskan untuk memenangkan pertandingan melawan Brighton dan Yaya. Kami akan berusaha memenangkannya."

"Kami tidak dapat melupakan bahwa kami memiliki fasilitas luar biasa tetapi kami tidak dapat melupakan bahwa klub semakin tinggi karena para pemain," tambah Guardiola.

"Yaya Toure datang ke sini pada awal ide klub ini dan apa yang kami lakukan saat ini adalah karena apa yang telah dilakukan orang ini.

"Kami tidak bisa melupakan bahwa di liga-liga dari periode [mantan manajer] Roberto Mancini dan Manuel Pellegrini, Yaya adalah pemain kunci," lanjutnya.

"Kami akan mempersiapkan pertandingan besok, untuk perayaan kami dan kemudian setelahnya untuk Yaya."

Di semua kompetisi, Toure telah membuat 315 penampilan untuk City, dan mencetak 82 gol.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya