Cegah dan Atasi Cacingan Sejak Dini

Jum'at, 20/04/2018 22:16 WIB

Jakarta - Dampak dari infeksi cacingan ini tak hanya menghambat tumbuh kembang anak tapi juga menyebabkan kerugian ekonomi. FKM-UI menyebutkan dari prevalensi infeksi cacingan nasional sebesar 28,12 persen kehilangan karbohidrat yang menyebabkan kerugian ekonomi sebesar 184 milyar setiap tahunnya.

Tak hanya itu infeksi cacing juga menyebabkan kehilangan protein yang berujung pada kerugian ekonomi sebesar 194,5 milyar setiap tahunnya. Cacingan bisa diatasi dengan pemberian obat cacing. Jika pemberian obat cacing dilakukan secara masif maka tindakan ini bisa meningkatkan status gizi dan fungsi kognitif anak.

Melihat tingginya prevalensi infeksi cacing ini maka Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan mengadakan program pembinaan perbaikan gizi masyarakat yang sudah dimulai sejak 2015. Program ini memiliki dua target utama.

Pertama menurunkan prevalensi cacingan pada usia balita, usia pra sekolah, dan anak usia sekolah dasar sebesar 10 persen secara bertahap. Target keduanya adalah meningkatkan capaian cakupan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Cacingan minimal 75 persen.

POPM Cacingan dilangsungkan dua kali dalam setahun, setiap bulan Februari dan Agustus untuk kabupaten atau kota dengan prevalensi infeksi cacingan di atas 50 persen. Sedangkan pada daerah dengan prevalensi 20 sampai kurang dari 50 persen, pemberian obat cacing dilakukan setahun sekali.

Adapun obat cacing yang dibagikan secara massal oleh Kemenkes adalah Albendazole dosis tunggal 400mg. Dan untuk menyempurnakan pemutusan rantai penularan infeksi cacingan, kita juga perlu memerhatikan kebersihan perorangan seperti membiasakan cuci tangan pakai sabun pada lima waktu kritis yaitu sebelum makan, sehabis buang air besar, sebelum menyusui, sebelum menyiapkan makan, setelah menceboki bayi, dan setelah kontak dengan hewan. Kita juga perlu memerhatikan kebersihan lingkungan seperti menjaga kebersihan toilet dan pembuangan limbah.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2