Usia 55 Tahun Masih Bisa Seks tanpa Nyeri, Kok Bisa?

Selasa, 20/03/2018 11:01 WIB

Jakarta - Wanita yang mengalami menopause (sudah tidak menstruasi, Red) juga akan mengalami vagina kering. Namun sebuah laporan baru menemukan bahwa beberapa perawatan dapat membuatnya tetap lembab, meski harganya biking melongo.

"Fakta bahwa ketiga perawatan (diuji) - tablet estradiol vagina, pelembab vagina dan gel pelumas yang kami gunakan sebagai plasebo - mampu mengurangi gejala adalah kabar baik bagi wanita. Penggunaan teratur pun akan sangat bermanfaat," kata Caroline Mitchell, ginekolog kebidanan di Massachusetts General Hospital di Boston.

"Biayanya sekitar USD20 hingga USD200 atau sekitar Rp270 ribu hingga Rp2,7 juta," sambugnya.

Ia menjelaskan, studi baru ini melibatkan lebih dari 300 wanita berusia yang berusia sekit 55 dan 64 tahun yang mengalami gatal, kekeringan, iritasi, atau nyeri saat melakukan aktivitas seksual.

Mereka secara acak dibagi menjadi tiga kelompok perlakuan - tablet estradiol vagina, pelembab vagina dan gel pelumas.

Setelah tiga bulan perawatan, ketiga kelompok mengalami perbaikan serupa pada gejala vagina mereka, menurut penelitian yang dipublikasikan PADA 19 Maret di jurnal JAMA Internal Medicine.

Berbicara dalam siaran pers Mass General, Mitchell menekankan bahwa masalah ini bisa menjadi masalah bagi banyak wanita lanjut usia.

"Dampak signifikan dari ketidaknyamanan vagina terhadap kehidupan perempuan tercermin dari 300 wanita yang mendaftarkan diri hanya  dalam waktu kurang dari satu tahun," katanya.

"Wanita sangat membutuhkan intervensi untuk gejala ini," sambungnya.

Ia mengatakan, mayoritas wanita dalam penelitian kami terganggu oleh rasa sakit saat melakukan aktivitas seksual dan dengan sungguh-sungguh ingin membantu menemukan pengobatan bagi banyak wanita yang terganggu oleh masalah ini," kata rekan penulis studi Dr. Susan Reed, dari departemen kebidanan dan ginekologi di University of Washington.

"Pasangan lebih banyak tetap intim secara seksual meski penuaan, dan terapi yang lebih baik untuk ketidaknyamanan vagina perlu dikembangkan," kata Reed dalam siaran persnya.

"Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rutin salah satu dari produk ini dapat membantu," sambugnya, dikutip dari UPI, Selasa (20/3).

 

Keyword : Menopause Vagina

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih