"Keganasan" Ferrari 488 Pista untuk Rajai Balap

Kamis, 08/03/2018 18:32 WIB

Geneva - Ferrari 488 Pista ditenagai mesin V8 paling kuat dalam sejarah Maranello dan merupakan mobil sport seri khusus dari Ferrari dengan tingkat adopsi teknologi dari dunia balap yang tertinggi. Namanya bahkan mempunyai arti `lintasan balap’ dalam bahasa Italia, dipilih secara khusus sebagai bukti kiprah Ferrari dalam motorsport yang tak tertandingi.

Secara teknis, Ferrari 488 Pista merangkum semua pengalaman yang telah diperoleh di sirkuit-sikuit dunia oleh 488 Challenge dan 488 GTE. Selama lebih dari 25 tahun, Maranello telah menyelenggarakan kejuaraan one-make yang paling bergengsi, Ferrari Challenge, di mana lebih dari 100 pembalap yang terbagi menjadi tiga seri kontinental saling bertarung dibalik kemudi. Tahun lalu menjadi saksi diperkenalkannya 488 Challenge, model pertama di seri tersebut yang dilengkapi dengan mesin turbo.

Sementara Ferrari 488 GTE bukan lain adalah mobil yang diterjunkan di FIA World Endurance Championship, puncak dari balapan GT, di mana ia telah memenangkan dua gelar GT Manufacturers `berturut-turut dan tidak kurang dari lima gelar secara total sejak awal kejuaraan di tahun 2012. Berkat kemenangan baik dalam kategori Pro dan Am, 488 GTE telah menjuarai tidak kurang dari 35 dari 50 balapan yang berjalan sampai saat ini.

Mesin mobil baru ini mengadopsi sejumlah solusi dari 488 Challenge dan tenaganya telah ditingkatkan menjadi 720 cv. Selain itu bobotnya juga lebih ringan, berkat titanium con-rods dan plenum serat karbon. Sistem pendinginan radiator terbalik juga berasal dari 488 Challenge dengan radiator menghadap ke belakang (bukan menghadap ke depan seperti pada 488 GTB) untuk menjaga suhu mesin dan mempertahankan tingkat kinerja optimal bahkan pada situasi tekanan panas tinggi.

Aerodinamika mobil diambil dari 488 GTE dan Formula 1, khususnya S-Duct di bagian depan, spoiler belakang dan profil diffuser yang meningkatkan efisiensi sebesar 20% dibandingkan dengan 488 GTB. Solusi lain yang diadopsi dari lintasan balap untuk memangkas bobot kendaraan, termasuk baterai lithium (dari Challenge 488) dan juga pelek serat karbon baru - yang pertama untuk Ferrari. Hasilnya 488 Pista lebih ringan 90 kg dibandingkan 488 GTB.

Seperti tiga seri spesial sebelumnya, Challenge Stradale, 430 Scuderia dan 458 Speciale, berlinetta baru ini merupakan perpaduan sempurna antara performa ekstrim dan handling khas mobil dari lintasan balap.

Dinamika kendaraan dirancang untuk kenyamanan berkendara yang unik dan menghadirkan potensi penuh mobil bagi pengendara profesional maupun non-profesional. Kontrol kendaraan khusus dikembangkan dengan mempertimbangkan ini, yang pertama dan terpenting adalah sistem manajemen oversteer baru yang dapat digunakan dalam posisi CT-OFF manettino dan dirancang untuk membuat kinerja mobil mencapai batasnya dengan cepat dan mudah dikendalikan.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih