Pelari Legendaris Sir Roger Bannister Tutup Usia

Minggu, 04/03/2018 20:03 WIB

London - Dunia atletik berduka. Pelari legendaris Sir Roger Bannister wafat pada Sabtu, (3/3) di Oxford, Inggris waktu setempat di usia ke-88 tahun.

Dilansir dari The Sun, Sir Roger merupakan atlet pertama yang mampu berlari sejauh 1 mil atau 1.500 meter dengan waktu tempuh 3 menit 59,4 detik pada Mei 1954. Sayangnya, atlet 88 tahun itu tak berdaya melawan penyakit Parkinson yang dia derita sejak 2011 silam.

"Sir Roger Bannister meninggal dunia dengan damai di Oxford pada 3 Maret 2018, berusia 88 tahun, dikelilingi oleh keluarganya yang sama-sama dicintai olehnya, karena dia dicintai oleh mereka. Dia di hati semua teman-temannya," demikian pernyataan keluarga besar Sir Roger.

Sir Roger muda bukanlah seorang atlet pada awalnya. Sebelum terjun ke lintasan atletik, Sir Roger sedang menempuh pendidikan kedokteran otak. Namun kegigihan mengantarkannya meraih medali emas pada 1954 dalam iven Persemakmuran dan Kejuaraan Eropa.

Pada 2014 lalu, Sir Roger pernah diwawancarai oleh BBC ketika dia memegang jabatan sebagai dokter otak. Padahal di saat yang bersamaan, sang dokter sedang menderita Parkinson, sejenis kerusakan otak dan syaraf progresif.

"Saya telah melihat dan merawat pasien dengan banyak gangguan neurologis. Saya tidak terkejut, karena saya sudah menderita penyakit itu," kata Sir Roger.

TERKINI
Dasco Pastikan Daftar Kabinet Prabowo-Gibran yang Beredar Tidak Benar Dunia Alami Krisis Guru, Ini Saran PGRI ke Pemerintah Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China