Uskup Agung Swedia Tak Sabar Mendengar Azan Orang Islam

Rabu, 14/02/2018 20:06 WIB

Stockholm - Uskup Agung Swedia, Modeus menyatakan, gereja menyambut baik permohonan izin Otoritas Masjid Araby di kota Vaxjö kepada kepolisian untuk dapat mengumandangkan azan.

Melalui akun media sosial, Modeus menuliskan, “saya mewakili Gereja Swedia, tak sabar menunggu azan oleh orang-orang Muslim." "Selain suara lonceng gereja saya juga berharap agar dapat mendengar suara azan di kota kami," ungkap dia.

Berbicara kepada stasiun TV pemerintah SVT, Juru bicara Kepolisian Kota Vaxjö, Pia Ringius mengatakan bahwa ototritas masjid Araby hanya mengajukan permohonan sekali dalam seminggu, pada saat sebelum sholat Jum`at.

Ringius mengatakan, "Sebelumnya kami akan mempelajari dahulu situasi dan keamanan di wilayah. Untuk itu kami sedang mempertimbangkan permohonan tersebut, karena kami baru mendapatkan permohonan izin seperti ini untuk yang pertama kali,” ujar dia.

Ringius mengungkapkan bahwa sebelumnya sebuah masjid di Stockholm telah mendapatkan izin untuk mengumandangkan azan. “Hal ini akan menjadi bahan pertimbangan kami,” ujar dia.

Pengumandang azan di Swedia pertama kali terdengar dari Masjid Agung Fittja yang terletak di kabupaten Botkyrka, kota Stockholm, sejak lima tahun lalu.

Sejak 2013 hingga kini masjid tersebut telah mengumandangkan azan hanya pada waktu sholat Jum’at.

Namun, tiga bulan yang lalu, otoritas Swedia telah memberikan izin mengumandangkan azan lima waktu sholat dengan pengeras suara kepada masjid bermenara milik Lembaga Kebudayaan Islam Bosnia yang terletak di kota Karlskrona. (AA)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2