Ilmuwan Temukan Danau Bawah Laut Mematikan

Sabtu, 10/02/2018 08:08 WIB

Jakarta - Para ilmuwan telah menemukan sebuah danau di bawah laut di Teluk Meksiko. Menurut ilmuwan, siapapun yang masuk ke danau tersebut pasti tidak akan bisa kembali lagi.

Profesor Biologi asal Temple University, Erik Cordes, mengatakan air di danau bawah laut itu lima kali lebih asin ketimbang air yang mengelilinginya. Selain itu, terdapat kandungan metana dan hidrogen sulfida yang sangat beracun.

Anehnya, air tersebut tidak bercampur dengan air laut sekitarnya.

"Itu adalah salah satu hal yang menakjubkan di laut dalam. Anda turun ke dasar laut dan bisa melihat air yang mengalir," ujar Erik ketika menggambarkan penemuannya di Jurnal Oceanography.

Dilansir dari Live Science, tidak ada hewan laut yang mampu bertahan dalam kondisi tersebut. Hanya bakteri, cacing tabunng, dan udang untuk sementara bisa bertahan hidup di danau itu.

Bagi ilmuwan, danau ini bisa menjadi taman bermain untuk penelitian lanjutan mereka. Para ilmuwan tertarik mengeksplorasi bagaimana organisme tertentu bertahan hidup di habitat yang ekstrim.

"Ada banyak orang yang melihat habitat ekstrim di Bumi sebagai model untuk apa yang mungkin kita temukan saat pergi ke planet lain," terang Cordes.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa