Lima Foto Super Blue Blood Moon di Amerika

Kamis, 01/02/2018 08:26 WIB

Jakarta - Hari terakhir di bulan Januari dimulai dengan munculnya fenomena langka, yaitu gerhana bulan atau  blue blood moon. Momen ini pun diabadikan NASA di Amerika Serikat hingga berakhir sekitar pukul 9:21 am ET.  

Fenomena langka ini membuat seluruh penduduk di belahan dunia ini ingin memandangnya. Alasannya, karena gerhana bulan kali ini menampilkan tiga bentuk, yaitu super, biru, darah. Meskipun di beberapa wilayah tidak dapat mengamati keindahannya secara menyeluruh.

Gerhana bulan terjadi karena kedekatannya dengan Bumi, yang dikenal sebagai Perigee. Akibatnya, bulan muncul 14 persen lebih besar dari biasanya. Karena itu bulan purnama kedua selama bulan Januari, maka ia disebut bulan biru. Kemudian bulan yang melewati bayangan bumi selama gerhana bulan, bulan berubah warna merah yang disebut bulan darah.

"Anda mendapatkan kombinasi hebat ini. Ini hanya bentuk kecil dari  keindahan yang bisa ditunjukkan bulan kepada kita," kata Ames Research Center NASA, Brian Day kepada NPR.

Berikut penampakan gerhana bulan atau supermoon yang pertama kalinya dalam 152 tahun. Fenomena itu diabadikan oleh salah satu fotografer, Terry Schmitt  di belakang Jembatan Golden Gate di San Francisco. pada Rabu (31/1) waktu setempat.

1. Penampakan sisa-sisa gerhana bulan biru.

2. Bulan biru berubah yang mulai menjelma menjadi bulan merah.

3. Begini foto dari dekat bulan biru dengan sisa-sisa gerhana terakhir.

4. Saat cahaya matahari yang mulai menyapa bulan.

5. Proses gerhana.

Kesempatan berikutnya untuk menyaksikan gerhana bulan di Amerika Utara satu tahun dari sekarang  pada 21 Januari 2019. Namun, bulan tidak akan menjadi bulan biru. Fenome hanya hanya terjadi sekali.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2