Tindakan Diskriminasi Dapat Menggangu Hubungan Seseorang

Rabu, 27/12/2017 17:56 WIB

Jakarta - Sebuah penelitian yang dilakukan Michigan State University menemukan bahwa diskriminasi tak hanya mengganggu kesehatan mental seseorang, namun tindakan tersebut juga memberi efek terhadap pasangan korban.

"Kami menemukan bahwa ketika seseorang mengalami diskriminasi, mereka melaporkan kesehatan dan depresi yang lebih buruk," kata pemimpin studi William Chopik, asisten profesor psikologi di Michigan State University. "Namun, tak hanya itu, stres ini tumpah dan mempengaruhi kesehatan pasangan mereka juga."

Dilansir UPU, penelitian ini melibatkan hampir 2.000 pasangan, berusia 50 sampai 94 tahun, yang menyampaikan pengalaman mereka dengan diskriminasi. Mereka juga memberikan rincian tentang kesehatan mereka, gejala depresi dan tingkat keintiman atau ketegangan dalam hubungan mereka.

Para peneliti menemukan bahwa diskriminasi jenis apapun, seperti ras, jenis kelamin atau usia memiliki efek negatif pada kesehatan masyarakat, yang juga berpengaruh pada pasangan seorang korban.

"Yang penting adalah mereka merasa diperlakukan tidak adil," kata Chopik dalam siaran pers universitas. "Itulah dampak terbesar kesehatan orang itu."

Namun penelitian tersebut juga menemukan bahwa diskriminasi juga mempengaruhi pasangan korban. Periset mengatakan hal itu karena pasangan yang terlibat dalam suatu hubungan umumnya berbagi beban insiden dan pengalaman ini.

"Kami menemukan bahwa banyak efek berbahaya dari diskriminasi terhadap kesehatan terjadi karena hal itu sangat merusak hubungan kita," kata Chopik. "Ketika satu pasangan mengalami diskriminasi, mereka membawa stres itu ke rumah bersama mereka, dan ini mengganggu hubungan. Jadi stres ini tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan mereka sendiri, tapi pasangan mereka juga."

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa