Lorde Batalkan Jadwal Manggung di Israel

Selasa, 26/12/2017 10:39 WIB

New York - Polemik politik antara Israel dan Palestina ternyata berdampak hingga ke ranah hiburan. Baru-baru ini, Lorde memutuskan jadwal konsernya pada 5 Juni 2018 mendatang dibatalkan, sebagai bentuk boikot `BDS` terhadap negara tersebut.

Gerakan BDS adalah singkatan dari `boikot`, `divestasi`, dan `sanksi` yang dikampanyekan di media sosial, demi mencegah seniman dunia tampil di Israel. Kampanye ini sebelumnya juga berhasil membuat Elvis Costello, Thurston Moore dan Lauryn Hill membatalkan konsernya.

"Hai teman-teman, jadi tentang konser di Israel, saya telah menerima banyak masukan dan berdiskusi dengan orang-orang yang punya banyak pandangan. Dan menurut saya, keputusan yang tepat ialah membatalkan pertunjukan," tulis Lorde di akun media sosialnya, Senin (25/12) kemarin.

Kabarnya, hal yang membuat pelantun `Royals` itu akhirnya memutuskan pembatalan ialah kebijakan Israel mengakui Yerusalem sebagai ibu kotanya. Apalagi, dalam hal ini Amerika Serikat telah membuat pengakuan sepihak, yang memancing kecaman dari seluruh dunia.

"Saya bangga menjadi netizen muda yang berpengetahuan luas. Saya juga sudah mendengarkan banyak pendapat sebelum akhirnya membatalkan pertunjukan di Tel Aviv. Tel Aviv merupakan tempat yang indah di dunia, dan saya minta maaf telah membuat pembatalan tersebut. Saya harap kita akan menari bersama suatu hari nanti," tambahnya.

Sementara promotor konser Lorde, Eran Arielli belum mau berkomentar lebih jauh atas keputusan tersebut. Padahal sejak diumumkan, 15.000 tiket konser Lorde sudah terjual.

"Lorde saya harao Anda bisa menjadi pahlawan sejati seperti judul album pertama Anda, dengan menjadi tokoh utama budaya murni, dan terbebas dari politk asing dan konyol ini," kata Menteri Kebudayaan Israel Miri Regev dilansir dari NBC.

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore