KPK Pastikan Aliran Uang e-KTP ke Ganjar Pranowo Cs Terus Diusut

Sabtu, 23/12/2017 21:30 WIB

Jakarta - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif angkat bicara mengenai hilangnya sejumlah nama ‎politikus ‎dalam surat dakwaan terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, Setya Novanto. Termasuk politikus PDIP, seperti Ganjar Pranowo, Olly Dondokambey, dan‎ Yasonna Laoly.

Menurut Laode, tidak ada yang aneh jika ada nama-nama politikus yang tak masuk dalam dakwaan Novanto. Laode meminta dakwaan atau tuntutan terdakwa e-KTP sebelumnya, Irman dan Sugiharto tak disamakan dengan dakwaan Novanto.

Tidak munculnya sejumlah nama penikmat uang e-KTP dalam dakwaan Novanto, ditegaskan Laode, tak berarti hilang dalam pengusutan kasus korupsi e-KTP yang ditangani lembaga antikorupsi. Laode menyebut, dugaan rasuah pada megaproyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun itu merupakan kasus marathon, sehingga pengusutan dan pendalaman mengenai aliran uang e-KTP itu terus dilakukan.

"Saya ingatkan kasus e-KTP bukan kasus sprint, tapi kasus marathon. Jadi sampai saya di KPK akan terus berlanjut," tegas Laode di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Sabtu (23/12/2017).

Laode memastikan pihaknya memiliki sejumlah bukti soal dugaan aliran uang panas ke sejumlah politikus, termasuk politikus PDIP. ‎"Mohon teman melihat dan mengikuti. Banyak lah kita punya saya pikir," ujar Laode.

Tak hanya ke sejumlah politikus DPR saat proyek e-KTP bergulir, lembaga antikorupsi juga memiliki banyak bukti mengenai aliran uang ke Novanto.‎ Meski enggan merinci, Laode meminta mengenai dugaan aliran uang tersebut akan dibuka dalam persidangan. ‎

"Itu yang berhubungan dengan Andi tapi sumber lain kalian belum tahu. Kita punya bukti lain," tandas Laode.

Sebelumnya, tim pengacara Setya Novanto mempersoalkan hilangnya sejumlah nama-nama politikus dalam surat dakwaan. Pengacara Novanto, Maqdir Ismail menyebut beberapa nama-nama yang disebut menerima uang namun kemudian hilang yaitu Ganjar Pranowo, Olly Dondokambey, dan Yasonna Laoly.

Ganjar Pranowo Cs itu sebelumnya telah berulang kali menepis terlibat korupsi proyek e-KTP. Politikus partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu telah kompak menampiknya.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa