Korut Bilang, Utusan PBB Nyatakan Siap Atasi Ketegangan di Semenanjung

Sabtu, 09/12/2017 18:36 WIB

Pyongyang - Kepala Organisasi  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan kesediaannya untuk mengurangi ketegangan di semenanjung Korea saat berkunjung ke Korea Utara minggu ini.

Korea Utara juga mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis portal berita resminya, KCNA bahwa utusan PBB mengakui dampak negatif dari sanksi terhadap Korea Utara.

Pejabat tingkat tinggi PBB, Jeffrey Feltman mengunjungi Korea Utara sejak 2012, tidak memberikan sepata kata pun saat tiba kembali dari Pyongyang di bandara Beijing pada Sabtu (9/12) pagi.

"PBB mengungkapkan keprihatinannya atas situasi yang meningkat di semenanjung Korea. Ia menyatakan kesediaannya untuk bekerja untuk mengurangi ketegangan di semenanjung Korea sesuai dengan Piagam PBB yang didasarkan pada perdamaian dan keamanan internasional," kata KCNA.  

Menrut KCNA pejabat Korea Utara dan Feltman sepakat bahwa kunjungannya membantu memperdalam pemahaman. Mereka sepakat untuk berkomunikasi secara teratur.

Korea Utara sedang mengejar program senjata nuklir dan rudal. Ia menentang sanksi DK PBB dan kecaman internasional. Pada 29 November, ia menguji coba rudal balistik antar benua yang menurutnya paling canggih, yang mampu menjangkau daratan Amerika Serikat.

Tak berselang lama setelah uji coba tersebut, Amerika Serikat dan Korea Selatan melakukan latihan militer skala besar minggu ini. Amerika Serikat memepringatkan bahwa kepemimpinan Korea Utara akan benar-benar hancur jika perang jika sampai perang meletus. 

Korea Utara secara teratur mengancam untuk menghancurkan Korea Selatan dan Amerika Serikat dan mengatakan bahwa program persenjataannya diperlukan untuk melawan agresi Amerika Serikat. Ia menempatkan 28.500 tentara di Selatan, yang merupakan warisan dari Perang Korea 1950-53.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2