Mularis Serahkan Berkas Pendaftaran ke PDI Perjuangan, Ini Kata Pengamat

Sabtu, 03/06/2017 16:27 WIB

Jakarta - Perhelatan Pilkada Kota Palembang 2018 telah memasuki babak pemilihan bakal calon. Partai-partai politik telah membuka penjaringan pasangan calon yang akan diusungnya. PDI Perjuangan Kota Palembang merupakan partai yang paling menarik minat para bakal calon untuk mendaftar.

Hampir semua figur kuat di Pilkada Kota Palembang mendaftar ke Partai ini. Salah satunya adalah H. Mularis Djahri, SH, Ketua DPD Hanura Provinsi Sumatera Selatan.

Mularis mengembalikan formulir pendafaran calon walikota Palembang PDI Perjuangan Bersama dengan Hj. Lury Elza Alex dan pengurus DPD Hanura Sumatera Selatan. Pengembalian tersebut diterima panitia penjaringan calon walikota di Kantor DPC PDIP Kota Palembang di JL. Brigjen Dani Effendy, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sabtu (3/06).

Selain Mularis dan Lury salah satu bakal calon lainnya yang mengembalikan formulir pendaftaran pada hari ini adalah Mantan Calon Wali Kota Palembang 2013 Sarimuda.

Peneliti Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI), Muchtar Sadeli Syihab, menilai langkah Mularis ikut serta mendaftar ke PDIP Kota Palembang merupakan langkah politik humble.

"Ini kalau mitra tandingnya cerdas, seharusnya memperhitungkan. Mularis Djahri itu pengusaha sukses, ketua partai tingkat provinsi, bisa saja dia turun di Pilkada Sumsel. Kalau hitungan mengejar jabatan, posisi wakil gubernur pasti bisa didapat. Kursi di DPRD punya, dana pemenangan pasti ada. Tapi Mularis memilih konsisten turun dalam kontestasi di Pilwako Palembang 2018 bahkan dengan rendah hati mendaftar ke berbagai partai politik yang membuka penjaringan. Ini langkah politik humble," jelasnya.

Muchtar menambahkan, secara umum dari data survei yang dimiliki LSPI, paling tidak ada dua kelompok figur politik yang masuk kategori layak tanding di Pilkada Palembang ini. Kelompok pertama adalah para kontestan pilkada sebelumnya dan kelompok kedua adalah para calon kontestan baru.

"Pada kelompok pertama, data menunjukkan tak ada yang dominan. Artinya peluang menang ada pada semua orang, sepanjang mau berjuang, mau bekerja secara sistematis berpijak pada strategi dan taktik yang berorientasi pada hasil," pungkasnya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2