Tips Buka Puasa yang Simpel dan Sehat

Minggu, 20/05/2018 14:46 WIB

Jakarta - Ramadan merupakan kesempatan menumbuhkan kebiasaan makan yang baik dan teratur. Karena itu diperlukan upaya ekstra untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh selama puasa.

Saat yang paling menyenangkan selam bulan puasa adalah berkumpul bersama keluarga dan teman menanti adzan dikumandangkan. Namun ingat, pengalaman menyenangkan bisa menjadi momok menakutkan, misalkan, penyakit maag, pusing-pusing dan lemas. Nah berikut tips sehat berbuka puasa;

Mulailah dengan segelas Air

Mulailah berbuka puasa dengan air, jus segar, atau susu. Sebab air, dapat mencegah dehidrasi Anda. Minumlah 1 - 2 gelas air sebelum makan dan hindari minum saat makan  sedang berlangsung agar tidak menunda proses pencernaan Anda.

Ambillah Sebiji Buah Kurma

Secara tradisional, kurma biasanya dihidangkan pertama kali di menu buka puasa. Kurma memiliki semburan gula alami yang bergizi untuk menyokong tubuh dengan energi yang dibutuhkan. Jika Anda menderita sakit kepala pada saat puasa, kemungkinan besar disebabkan oleh gula darah rendah, jadi mulailah buka puasa dengan sebiji atau dua kurma.

Semangkuk Sup

Hidangan yang satu ini memang tidak tergantikan pada menu buka puasa. Sup kaya akan air dan membantu penderita dehidrasi. Jika Anda pencinta sup, maka carilah sup miju-miju, tomat, atau sayuran dan hindari sup krim.

Makanlah sayuran

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat dan memberi begitu banyak nutrisi dalam kalori begitu sedikit. Sayuran dapat memberi perasaan kenyang, sehingga Anda makan lebih sedikit di makanan-makanan utama. 

Pilih Karbohidrat yang Baik

Pastikan saat buka puasa menunya mengandung karbohidrat baik, seperti, beras merah, pasta gandum utuh atau roti, kentang atau burghul. Karbohidrat kompleks memberikan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan disamping serat dan mineralnya

Pililah Protein Tanpa Lemak

Saat berbuka puasa, Anda harus berusaha mengkonsumsi protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial. Tubuh Anda membutuhkan protein untuk membangun dan mempertahankan massa otot.

Bikin Santai aja

Jangan terburu-buru menyelesaikan makanan Anda. Setelah menahan makan dan minum sehari, kelebihan beban pada makanan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya. 

Hindari makanan tinggi lemak, Garam dan Gula

Bila mungkin, jauhi makanan berat untuk berbuka puasa yang mengandung lemak, garam dan gula tambahan yang tidak sehat. Saat memasak, buat resep ramadan favorit Anda lebih sehat dengan cara merapikan, memanggang, mengukus dan menghindari menggoreng.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya