Indonesia-Filipina-Jepang Mencalon Tuan Rumah Bersama

Jum'at, 05/05/2017 15:12 WIB

Hong Kong – Indonesia ikut mencalonkan diri menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023. Tidak sendirian, Indonesia bergabung bersama dengan Filipina dan Jepang untuk menjadi tuan rumah bersama. Negara lainnya yang juga turut mencalonkan adalah Turki, Rusia serta Uruguay yang akan bergabung dengan Argentina.

Pencalonan itu dilakukan pada Mid-Term Congress, pertemuan para anggota federasi nasional FIBA (International Basketball Federation) dari seluruh dunia di Hong Kong, 4-5 MEi 2017. Mid-Term Congress juga membahas program FIBA sesuai dengan siklus empat tahun.

Secara keseluruhan, pilar strategis lainnya adalah; Pertama, program pengembangan federasi nasional (National Member Federations Development) yang merupakan misi utama. Kedua, pemberlakukan kalendar dan sistem kompetisi yang baru (New Calendar and Competition Sistem) mulai tahun ini. Ketiga, 3x3 sebagai salah satu kunci untuk pengembangan olahraga bola basket. Dan yang ke empat, penerapan satu aturan (ONE FIBA New Governance) yang berfungsi untuk mewujudkan visi membangun olahraga basket menjadi olahraga yang populer.

Filipina, kiblat basket Asia Tenggara, kembali mencoba usahanya untuk menjadi tuan rumah, dan dengan menggandengan Indonesia dan Jepang, tentu saja bisa memperkuat posisi tawar, meski harus bersaing dengan kandidat-kandidat kuat dari benua lain. Sebelumnya dalam upayanya menjadi tuan rumah kejuaraan dunia bola basket tahun 2019, Raksasa basket Asia Tenggara ini dikalahkan China dalam bidding Kejuaraan Dunia FIBA basket 2019. Diketahui, Kejuaraan dunia dua tahun lagi akan dimainkan di kota Beijing, Nanjing, Suzhou, Wuhan, Guangzhou, Shenzhen, Foshan dan Dongguan.

Erick Thohir sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) yang juga merupakan anggota Central Board FIBA , turut hadir dalam pertemuan tersebut. “Kongres FIBA kali ini sangat antusias dengan adanya terobosan baru dan mengenai pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan dunia bersama Filipina dan Jepang tentunya akan dipersiapkan segala sesuatunya yang terbaik agar usulan ini dapat terwujud,” kata Erick terkait pencalonan tuan rumah bersama tersebut.

Indonesia sendiri pernah dipercaya FIBA menjadi tuan rumah kejuaraan basket antar klub Asia pada tahun 2009. Kala itu  kejuaaraan berlangsung sukses di Britama Arena Mahaka Square  kelapa Gading Jakarta. Selain itu perhelatan Asian Games 2018 mendatang yang juga mempertandingkan cabang bola basket akan menguji kemampuan Indonesia menjadi tuan rumah yang baik.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?