Menteri KLH Siapkan Regulasi Anti Kantong Plastik

Senin, 27/02/2017 23:36 WIB

Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar terus menyerukan pentingnya pembatasan terhadap penggunaan plastik kemasan. Bahkan pihaknya tengah menyiapkan regulasi berupa Permen KLH tentang pembatasan penggunaan plastik dan kemasan plastik di pertokoan modern, pusat perbelanjaan, maupun pasar rakyat.

Dalam regulasi itu, salah satu yang akan diatur adalah dengan mengenakan biaya terhadap penggunaan plastik kemasan. "Kalau pakai plastik, ya tidak digratiskan. Ini bisa mendorong penggunaan kantong bukan plastik yang bisa dipakai kembali atau gunakan kantong plastik berbahan nabati," ujar Siti di Jakarta, Senin (27/2).

Pengetatan terhadap penggunaan plastik kemasan juga dilakukan dengan memberi kewajiban daur ulang sampah plastik dan pemanfaatan kembali kantong plastik yang sudah terpakai.

Lantas, kapan Permen anti plastik akan diterapkan? Siti mengatakan bahwa drafnya masih disusun dan saat ini masih tahap harmonisasi. "Kita bahas secara komprehensif agar kebijakan ini nantinya bisa diterima semua pihak," tutup Siti.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios