Soal Ahok, Mendagri Tak Boleh Bingung

Jum'at, 17/02/2017 10:58 WIB

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) seharusnya tidak perlu bingug menyikapi soal status terdakwa penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kembali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (17/2). Menurutnya, pemerintah seharusnya tegas dan tidak boleh bingung. Sebab, hal itu terkait dengan seseorang terdakwa yang sedang menjalani persidangan.

"Pemerintah tak boleh bingung, Kemendagri memiliki biro hukum, doktor, ahli, mereka terima gaji, masa ginian aja ngga bisa diselesaikan, malu-maluin," kata Fahri.

Untuk itu, kata Fahri, Mendagri Tjahjo Kumolo tidak perlu berkonsultasi dengan Mahkamah Agung (MA) soal pemberhentian sementara Ahok selaku terdakwa kasus dugaan penistaan agama.

"Kan pelanggaran hukum sudah terjadi, kecuali pelanggaran belum terjadi dan menarik, mungkin sikap dewan bisa melemah tapi ini terjadi," terangnya.

Diketahui, Mendagri Tjahjo Kumolo diperintahkan Presiden Jokowi untuk berkonsultasi ke MA terkait polemik status Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Menanggapi hal itu, Ketua MA Hatta Ali mengatakan, permohonan fatwa tersebut tidak bisa menyelesaikan polemik soal status Ahok. Selain itu, fatwa itu juga diyakini akan mengganggu independensi hakim.

"Saya mengurangi untuk mengeluarkan fatwa karena bisa mempengaruhi independensi hakim dan bisa ditebak oleh pihak-pihak yang berperkara," kata Hatta, Selasa (14/2).

Dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 disebutkan kepala daerah yang didakwa dengan ancaman hukuman 5 tahun harus diberhentikan sementara. Sedangkan Ahok didakwa dengan dua pasal secara alternatif. Pasal utama memiliki ancaman hukuman 4 tahun, sedangkan pasal alternatifnya memiliki ancaman 5 tahun penjara. Persoalan pasal alternatif inilah yang menjadi polemik.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2