Ingin UMKM Naik Kelas? Jangan Asal Posting, Perbaiki Kualitas Produk dan Kemasan

Kamis, 13/04/2023 09:58 WIB

Jurnas.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus bersaing ketat. Pasar digital tak bisa lagi sekadar untuk posting produk dan mengejar ramainya traffic. Tapi buatlah goal atau target closing, produk jadi laku, dan pembeli memesan ulang (repeat order).

”Untuk itu, perbaiki kualitas produk dan bikin kemasan menarik agar pembeli di pasar digital yang makin luas dan tak terbatas, tertarik dan terus pesan lagi produk UMKM,” ujar Asfita Dewi, Kepala Bidang Aspirasi dan Layanan Informasi Publik Kabupaten Jember, Jawa Timur, dalam diskusi literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama komunitas literasi digital di area event Sahati Festival, Alun-alun Jember, Rabu (12/4) malam.

Membahas topik ”Tantangan Transformasi Digital bagi Kemajuan Perekonomian”, tampil bersama Asfita Dewi adalah Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Jember Sartini, dosen Politeknik Negeri Jember Muhamad Yunus, dan Mochamad Noviyanto yang memandu diskusi luring (offline) itu sebagai moderator.

Mengutip pesan Bupati Jember Hendy Siswanto, Sartini mengatakan, ”Wis wayahe UMKM bangkit. Wis wayahe UMKM naik kelas (Sudah saatnya UMKM bangkit dan naik kelas). ”Agar pesan Pak Bupati terwujud, saya tegaskan, hal itu harus jadi tujuan (goal) dan target para pelaku UMKM agar beragam produk UMKM makin mendunia,” kata Sartini, yang mengupas dari sudut pandang budaya digital.

Terkait itu, Sartini menyarankan peserta diskusi untuk menggarap potensi besar pasar UMKM. Genjot lewat pasar digital, lewat beragam platform e-commerce yang tersebar di Facebook, Instagram, TikTok, dan banyak lainnya secara maksimal.

”Salah satu kunci ada pada desain kemasan yang menarik. Jangan malas menginovasi produk sesuai permintaan dan tren pasar. Tidak bisa lagi pakai cara lama, tapi mesti ikuti selera baru pasar milenial yang terus berubah,” terang Sartini.

Dari perspektif lain, Muhammad Yunus menyebut kolaborasi lintas generasi di kalangan UMKM juga merupakan solusi untuk menampilkan pesona produk UMKM agar lebih menarik di ruang promosi digital.

”Jangan malu terus belajar pada generasi milenial, yang biasanya jadi karyawan di banyak usaha UMKM. Kaum milenial biasanya suka hal baru dan inovatif,” saran Yunus. Apa wujud konkret kolaborasi untuk mendongkrak pasar dan merebut ceruk pasar baru itu?

Ajak milenial berkolaborasi bikin video atau display produk dengan tampilan digital yang mengikuti tren pasar. Makin menarik tampilan dan kemasan produk di pasar digital, makin banyak pelanggan tertarik memesan dan kembali memesan – tentu didukung dengan produk yang berkualitas. ”Hanya produk yang memikat dan makin kompetitif kualitasnya yang dicari pembeli,” ujar Yunus.

Yunus melanjutkan, pasar beragam produk UMKM di ruang digital itu dinamis dan berubah cepat. Hanya dengan terus ikut berubah, maka produk UMKM juga terus dicari dan dipesan lagi. ”Jadi, mengikuti selera pasar dan cepat promosikan secara digital adalah keharusan agar tak ditinggal pelanggan yang sangat suka membandingkan dan mencari yang terbaik,” pungkas Yunus.

Untuk diketahui, diskusi literasi digital pada lingkup komunitas merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD). IMCD diinisiasi Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga 2024.

Tahun ini, program #literasidigitalkominfo dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Program Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta. Pada 2023, IMCD menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa