Hiks...Ribuan Hektar Padi Diserang Wereng

Rabu, 08/02/2017 10:58 WIB

Bojonegoro – Ribuan hektare tanaman padi di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur diserang hama wereng coklat. Daerah itupun terancam mengalami penurunan produksi, bahkan gagal panen.

"Hama wereng coklat kami ketahui menyerang tanaman padi dengan usia mulai sepekan sampai 60 hari dengan luas sekitar 2.500 hektare, sejak sepekan lalu," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Akhmad Djupari di Bojonegoro, Rabu (8/2).

Tanaman padi yang diserang hama wereng coklat dengan luas sekitar 2.500 hektare ini mengkhawatirkan. Sebab, lokasinya hampir merata di di daerahnya. Mulai di Kecamatan Padangan, Balen, Sugihwaras, juga kecamatan lainnya diketahui ada tanaman padi yang diserang hama wereng coklat.

Hama wereng coklat itu sedang dan harus bisa ditanggulangi, sebab kalau gagal akan menyerang tanaman padi lainnya. Masih ada tanaman padi sekitar 17.000 hektare pada musim tanam (MT) I ini di Bojonegoro yang masih belum diserang hama wereng coklat. Para petani pun dminta bersunguh-sunguh dalam membasmi serangan hama wereng coklat yang menyerang tanaman padi.

Dinas pertanian, lanjut Djupari, sudah mendistribusikan 3.500 liter obat pembasmi hama wereng ke 20 kecamatan hasil bantuan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, pekan lalu. "Petani masih bisa mengambil obat pembasmi hama wereng coklat di kantor dengan gratis. Kami masih memiliki persediaan obat pembasmi hama wereng 1.000 liter," jelas dia seperti dlansir Antara.

Tidak hanya itu, dinas pertanian juga membagikan 200 alat untuk penyemprot hama wereng bantuan Kementerian Pertanian kepada petani di 10 kecamatan. Yang jelas, menurut dia, usaha melakukan pembasmian hama wereng batang coklat itu sebagai usaha mengamankan produksi padi juga mengamankan agar petani di daerahnya tidak merugi yang disebabkan hama wereng batang coklat.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios