Biksu Myanmar Sembunyikan Empat Juta Ekstasi di Kuil

Selasa, 07/02/2017 17:19 WIB

Myanmar - Edan, seorang biksu ditangkap kepolisian Myanmar karena menjadi pemilik empat juta pil ekstasi. Jutaan Narkoba itu disembunyikan di sebuah kuil atau tempat ibadah.  Biksu senior itu yang namanya disebut Arsara ini, dicegat di negara bagian Rakhine.

Kepolisian setempat menemukan lagi 400 ribu butir dalam mobilnya.  Ketika dihentikan polisi,  mobilnya sedang mengarah  ke Maungdaw, kota di Rakhine, Myanmar, yang berbatasan dengan Bangladesh.

Penangkapan itu kemudian mengarahkan polisi ke penemuan pil ekstasi lebih besar di Biara Baho, Kota Maungdaw. Padahal biksu ini dianggap orang penting  di Biara Baho. Arsara dikenal sebagai sosok terpandang dalam komunitas Buddha di Maungdaw.

Dilaporkan media setempat, The Irrawaddy, nilai keseluruhan dari pil ekstasi yang disita tidak diungkapnya. Namun PBB pernah memperkirakan harga eceran satu butir pil ekstasi adalah sekitar US$2 atau sekitar Rp26.000.

Myanmar dikenal sebagai produsen massal pil ekstasi, opium dan ganja.  Dikutip oleh The Irrawaddy dilansir BBC,  pada akhir September 2016, polisi di Maungdaw menyita narkoba dalam jumlah besar melalui dua operasi, dengan total lebih dari 15 juta tablet ekstasi dari sebuah kompleks perusahaan konstruksi.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2