Dewas KPK Rampung Klarifikasi Endar Priantoro Terkait Gaya Hidup Mewah

Jum'at, 31/03/2023 20:39 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rampung meminta klarifikasi Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priantoro terkait dugaan gaya hidup mewah yang ditampilkan sang istri.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyatakan akan segera menyampaikan hasil klarifikasi Dewas kepada masyarakat.

"Hari ini sudah selesai nanti kita sampaikan hasilnya tapi ini kan baru klarifikasi awal," kata Pahala kepada wartawan, Jumat (31/3).

Pahala meengatakan akan mendalami transaksi keuangan Endar yang diduga berprilaku gaya hidup mewah. Menurutnya, permintaan klarifikasi ini masih pada tahap awal.

"Itu data perbankan belum kita peroleh juga kita sambil dalami," kata Pahala.

Dia menuturkan, selama proses klarifikasi, Endar dinilai sangat kooperatif. Dewas KPK tak menutup kemungkinan akan kembali memeriksa Endar jika diperlukan.

"Jadi masih jalan tapi untuk awal sudah beliau sangat koperatif. Pukul 9.30 dilakukan klarifikasi dan sebelum makan siang sudah selesai. Nanti kita update hasilnya karena sekali lagi data awalnya kita belum banyak," tegasnya.

Untuk diketahui, dugaan gaya hidup mewah dari sosok yang diduga istri Endar ramai di media sosial. Salah satunya diunggah akun TikTok @perusakhedon.

Dalam unggahan tersebut tampak kumpulan foto yang diduga istri Endar saat sedang berlibur ke luar negeri. Tak hanya itu, terdapat juga foto berlatar belakang helikopter sewaan.

Sementara berdasarkan LHKPN yang dilaporkan untuk periodik 2022, Endar tercatat memiliki total harta sebesar Rp 5.633.150.000 atau Rp 5,6 miliar. Jumlah itu mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp 4.794.400.000 (Rp 4,7 miliar).

Dalam laporan kekayaan yang disampaikan pada tanggal 7 Februari 2023, Endar mempunyai tanah dan bangunan yang tersebar di Pangkalpinang, Surabaya, Banyumas, dan Tangerang. Seluruh aset ini nilainya sebesar Rp 6.310.000.000 (Rp 6,3 miliar).

Kemudian, dia memiliki motor tahun 1900, mobil Toyota Innova tahun 2019, dan Honda Sepeda Motor R2 tahun 2021 di LHKPN. Nilai total kendaraan bermotor ini mencapai Rp 222,5 juta.

Selanjutnya, Endar memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 24,5 juta; kas dan setara kas senilai Rp 126.150.000; serta harta lainnya Rp 450 juta. Dia juga punya utang Rp 1,5 miliar.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih