KPK Duga Ada Pihak yang Pengaruhi Saksi Kasus Lukas Enembe

Selasa, 07/02/2023 16:02 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa saksi Sekretaris Daerah Papua yang juga Plh Gubernur Papua Ridwan Rumasukun terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe, Senin (6/2).

Ridwan Rumasukun dicecar terkait dugaan adanya pihak tertentu yang mempengaruhi saksi dalam memberikan keterangan kepada tim penyidik KPK.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan adanya pengaruh dari pihak tertentu sebelum maupun setelah memberikan keterangan dihadapan Tim Penyidik," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (7/2).

Kendati demikian, juru bicara KPK berlatar belakang jaksa itu tidak merinci mengenai pengaruh yang diberikan pihak tersebut kepada saksi.

Selain itu, Ali mengatakan, ada tujuh orang saksi dalam perkara ini yang mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan pada Senin kemarin.

Mereka ialah Direktur  PT. Papua Karya Mandiri, Frans Irwanto Sarasak; Daniel R R Wambrauw dari PT. Papua Mekar Abadi; Petugas ukur pada Kantor Pertanahan Jayapura, Geraldo Da Rosario Semi.

Kemudian, Justina Kmur dari PT. Cahaya Rante Tondon; Septinus Mampor dari CV Skylander; Jan Erens Aninam dari CV. Yehoya Jireh;  serta pihak swasta, Moch Safroni.

"Para saksi tidak dan masih dilakukan penjadwalan pemeriksaan kembali," kata Ali.

Diketahui, KPK menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Provinsi Papua. Dia diduga menerima suap sebesar Rp1 miliar dari Rijatono Lakka selaku Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP).

Selain itu, Lukas juga diduga menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan sebesar Rp10 miliar. Namun, KPK belum mengungkap pihak-pihak pemberi gratifikasi tersebut. 

Dalam mengusut kasus ini, KPK juga telah memblokir rekening dengan nilai sekitar Rp76,2 miliar. Diduga rekening itu milik Lukas dan istrinya, Yulce Wenda.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih