Israel Bunuh Pria Palestina yang Berdiri di Atap Rumahnya

Jum'at, 13/01/2023 01:01 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Tentara Israel telah membunuh seorang pria Palestina saat dia berdiri di atap rumahnya selama penggerebekan di sebuah kamp pengungsi di Yerusalem Timur yang diduduki, menurut pejabat Palestina.

Sameer Aslan, 41, dinyatakan meninggal pada Kamis dini hari oleh Kementerian Kesehatan Palestina, yang mengatakan dia ditembak di dada di kamp pengungsi Qalandiya.

Para pejabat mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Aslan, ayah dari delapan anak, ditembak oleh penembak jitu Israel saat berdiri bersama anggota keluarga lainnya di atap rumah mereka menyaksikan penggerebekan itu.

Dia terbunuh sekitar 10 menit setelah putranya yang berusia 17 tahun, Ramzi, ditangkap oleh tentara Israel dari rumah mereka.

"Setelah penangkapan, seluruh keluarga naik ke atap untuk melihat apa yang terjadi ketika mereka mendengar teriakan keras dan salah satu putra mereka yang lain terluka," kata Zakariya Fayyaleh, seorang pejabat Otoritas Palestina, yang mengelola kamp tersebut. Al Jazeera.

"Sameer, istrinya, tiga anak perempuan dan beberapa anak laki-laki berada di atap ketika seorang penembak jitu Israel menembaki keluarga tersebut dan menembak Sameer tepat di dada," lanjutnya.

"Putranya menggendongnya dan mencoba membawanya ke rumah sakit. Pasukan besar menghentikan mereka dan menjatuhkan Sameer ke tanah. Mereka membiarkannya berdarah di tanah beberapa saat sebelum mereka membiarkan kami membawanya lagi – dia meninggal saat tiba di rumah sakit," lanjut Fayyaleh.

Video yang dibagikan oleh penduduk dan media lokal, diverifikasi oleh Al Jazeera, menunjukkan Aslan tergeletak di tanah dikelilingi oleh tentara Israel.

"Sameer adalah salah satu teman terdekat saya, saya memiliki hubungan persaudaraan dengannya," kata Fayyaleh, seraya menambahkan bahwa Aslan bekerja di toko daging di kota al-Ram.

Pejabat itu menambahkan bahwa cara tentara Israel menyerbu kamp pengungsi Qalandiya belum pernah terjadi sebelumnya, menggambarkannya sebagai serangan yang hiruk pikuk dan sengit.

"Ini adalah pertama kalinya mereka menyerbu kamp seperti ini – jumlah pasukan, jumlah rumah yang mereka razia. Mereka menghancurkan barang-barang orang – mereka bahkan menyerang wanita," lanjutnya, menambahkan bahwa penembak jitu menempatkan diri mereka di atas atap.

Pasukan Israel menangkap setidaknya 18 orang dari kamp selama penggerebekan, menurut Fayyaleh dan Perhimpunan Tahanan Palestina (PPS).

Penggerebekan dimulai sekitar pukul 03:00 waktu setempat (00:00 GMT) dan melibatkan puluhan kendaraan lapis baja dan pasukan khusus. Konfrontasi dengan pemuda yang melempar batu pecah.

Tentara Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan di kamp tersebut dilakukan sebagai bagian dari kampanye "Break the Wave".

Dikatakan bahwa selama penggerebekan "para tersangka melemparkan batu dan balok semen dari atap rumah ke pasukan dengan cara yang membahayakan nyawa para pejuang, yang menanggapi dengan membubarkan demonstrasi dan menembak", menambahkan bahwa "terdeteksi cedera, tanpa konfirmasi kematian.

Daerah Qalandiya berada di bawah kegubernuran Yerusalem, tetapi dipisahkan dari kota oleh Tembok Pemisah Israel – yang pembangunannya dimulai pada tahun 2002.

Kamp pengungsi, dibangun pada tahun 1949, sekarang berada di Yerusalem Timur dan Area C, di bawah kendali penuh militer Israel.

Aslan adalah orang Palestina ketujuh yang dibunuh oleh tentara Israel sejak awal tahun 2023, termasuk tiga anak. Dia juga orang Palestina ketiga yang terbunuh dalam waktu kurang dari 24 jam.

Pada Rabu malam, pasukan Israel membunuh Sanad Samamreh yang berusia 18 tahun setelah dia diduga melakukan serangan penikaman di kota Hebron, Tepi Barat yang diduduki selatan.

Sebelumnya pada hari itu, tentara menembak mati Ahmad Abu Junaid yang berusia 21 tahun selama penggerebekan di kamp pengungsi Balata di kota Nablus, Tepi Barat utara.

Perkembangan itu terjadi sebagai akibat dari kampanye militer Israel yang terus-menerus melakukan penggerebekan dan pembunuhan intensif yang telah berlangsung hampir setahun.

Pada Kamis pagi, tentara Israel menyerbu kota Nablus, termasuk Kota Tua. Setidaknya tujuh warga Palestina telah dilaporkan terluka oleh peluru tajam Israel, menurut kementerian kesehatan.

PBB mengatakan 2022 adalah tahun paling mematikan bagi warga Palestina di Tepi Barat sejak 2006. Lebih dari 30 anak termasuk di antara yang tewas tahun lalu, dan setidaknya 9.000 warga Palestina lainnya terluka.

Pasukan Israel telah membunuh warga sipil yang menghadapi mereka selama penggerebekan, orang-orang yang tidak terlibat, serta pejuang Palestina dalam pembunuhan yang ditargetkan dan selama bentrokan bersenjata.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2