Bulog Hanya Serap 166.000 Ton dari 600.000 Ton yang Dijanjikan Kementan, Kenapa?

Rabu, 07/12/2022 20:41 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Direktur Utama Perusahaan Umum (Perum) Bulog, Budi Waseso mengatakan, pihaknya baru menyerap 166.000 ton dari data yang disedikan Kementerian Pertanian (Kementan) terkait kesiapan penyerapan beras sekitar 600.000 ton.

Demikian disampaikan Buwas dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR Bersama Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, Kepala Badan Statistik (BPS), Margo Yuwono, dan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, Jakarta, Rabu (7/12).

"Sampai 5 Desember 2022, Bulog hanya bisa menyerap 166 ribu ton. Ini yang bisa kita lakukan dalam penyerapan," kata Buwas, sapaan akrab Budi Waseso.

Dia mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan langsung penggilingan sesuai data yang diberikan Kementan. Dalam pengecekan itu, pihanya melibatkan Satgas Pangan, TNI, Dinas Pertanian, masyarakat, bahkan kelompok tani.

"Saya juga tidak mau main-main dengan masalah beras ini. Saya tidak menyalahkan siapa-siapa, tapi ini pertanggungjawaban saya sebagai Dirut Bulog mendapatkan amanah perintah dari Rakortas, dimana saya harus akhir tahun ini menimal punya 1 juta ton," kata Buwas.

Sebelumnya, Kementan menegaskan stok beras di beberapa wilayah masih sanggup memenuhi kebutuhan beras untuk gudang Bulog.

Koordinator Data Evaluasi dan Pelaporan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP) Batara Siagian menyebut Dirjen Tanaman Pangan Kementan telah melayangkan surat resmi ke Direktur utama Bulog Budi Waseso berisi data beras berikut lokasinya secara terperinci.

Dalam surat itu, disebutkan data kesiapan penggilingan di 24 provinsi memasok beras ke Bulog sebesar 610.632 ton berlaku hingga akhir Desember 2022.

"Hal ini tentu sebagai komitmen kami meyakinkan data BPS tidak ada keraguan sesungguhnya, karena faktanya di lapangan beras ada. Namun, tentu dengan variasi harga bergantung lokasi," jelas Batara melalui keterangan resmi, Rabu (30/11) lalu.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2