Gerindra Ajak Masyarakat Hindari Politik Identitas di Pemilu 2024

Selasa, 22/11/2022 14:13 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Politik identitas dalam sebuah kontestasi sangat merugikan semua pihak. Selain menyebabkan perpecahan, politik identitas di Pemilu 2024 juga dapat menyebabkan polarisasi di masyarakat.

Hal itu sebagaimana diutarakan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (22/11).

“Oleh karena itu saya mengajak juga kepada anak bangsa marilah kita tidak terpolarisasi, tidak menggunakan politik identitas dalam menghadapi kontestasi di 2024,” terangnya.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini mengatakan, ketimbang menerapkan politik identitas, sebaiknya para politisi atau partai politik bisa lebih fokus untuk menghadapi kemungkinan ancaman resesi dari dampak ekonomi global.

“Dengan harapan kita bisa bersama-sama selain menghadapi pileg dan pilpres juga kemungkinan ancaman ekonomi, dampak dari ekonomi global yang mungkin akan juga terasa dampaknya di Indonesia,” terang Sufmi Dasco Ahmad.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo mengingatkan agar para calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) tidak menggunakan politik identitas dalam kontestasi pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Presiden menegaskan bahwa politik identitas sangat berbahaya bagi Indonesia. Sehingga, politisasi agama serta SARA sebaiknya dihindari.

"Hindari ini. Lakukan politik gagasan, politik ide. Tapi jangan masuk ke politik SARA, politisasi agama, politik identitas jangan," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2022 yang digelar di Solo, sebgaimana disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, kemarin.

 

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?