Mahasiswa Tentang Ultimatum Protes Kepala Pengawal Revolusi Iran

Senin, 31/10/2022 03:01 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Mahasiswa Iran menentang peringatan dari Pengawal Revolusi yang ditakuti bahwa protes nasional harus diakhiri pada Minggu dan disambut dengan gas air mata, pemukulan dan tembakan dari polisi anti huru hara dan milisi.

Konfrontasi di lusinan universitas, disertai ancaman tindakan yang lebih keras, menunjukkan bahwa demonstrasi, yang sekarang memasuki minggu ketujuh, memasuki fase yang lebih keras.

Warga Iran dari semua lapisan masyarakat telah memprotes sejak kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun dalam tahanan polisi moral setelah ia ditangkap karena pakaian yang dianggap tidak pantas.

Apa yang dimulai sebagai kemarahan atas kematian Amini pada 16 September telah berkembang menjadi salah satu tantangan terberat bagi penguasa ulama sejak revolusi 1979, dengan beberapa pengunjuk rasa menyerukan kematian Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Komandan tertinggi Pengawal Revolusi Iran memperingatkan para pengunjuk rasa bahwa Sabtu akan menjadi hari terakhir mereka turun ke jalan, peringatan paling keras dari otoritas Iran.

Namun demikian, video di media sosial, yang tidak dapat diverifikasi oleh Reuters, menunjukkan konfrontasi antara mahasiswa dan polisi anti huru hara dan pasukan Basij pada Minggu di universitas-universitas di seluruh Iran.

Satu video menunjukkan seorang anggota pasukan Basij menembakkan senjata dari jarak dekat ke mahasiswa yang memprotes di cabang Universitas Azad di Teheran.

Suara tembakan juga terdengar dalam video yang dibagikan oleh kelompok hak asasi HENGAW dari protes di Universitas Kurdistan di Sanandaj. Video dari universitas di beberapa kota lain juga menunjukkan pasukan Basij menembaki mahasiswa.

Di seluruh negeri, pasukan keamanan mencoba memblokir mahasiswa di dalam gedung universitas, menembakkan gas air mata dan memukuli pengunjuk rasa dengan tongkat.

Para siswa, yang tampaknya tidak bersenjata, mendorong mundur, dengan beberapa meneriakkan "Basij yang tidak terhormat tersesat" dan "Matilah Khamenei".

Kantor berita aktivis HRANA mengatakan, 283 pengunjuk rasa telah tewas dalam kerusuhan pada Sabtu termasuk 44 anak di bawah umur. Sekitar 34 anggota pasukan keamanan juga tewas.

"Lebih dari 14.000 orang telah ditangkap, termasuk 253 mahasiswa, dalam protes di 132 kota besar dan kecil, dan 122 universitas," katanya.

Garda dan pasukan Basij yang berafiliasi telah menindas perbedaan pendapat di masa lalu. Mereka mengatakan pada Minggu, penghasut menghina mereka di universitas dan di jalan-jalan, dan memperingatkan mereka mungkin menggunakan lebih banyak kekuatan jika kerusuhan anti-pemerintah berlanjut.

"Sejauh ini, Basiji telah menahan diri dan mereka bersabar," kata kepala Pengawal Revolusi di provinsi Khorasan Junubi, Brigadir Jenderal Mohammadreza Mahdavi, seperti dikutip oleh kantor berita negara IRNA. "Tapi itu akan di luar kendali kita jika situasinya terus berlanjut."

Lebih dari 300 jurnalis Iran menuntut pembebasan dua rekannya yang dipenjara karena liputan mereka tentang Amini dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Etemad Iran dan surat kabar lainnya pada hari Minggu.

Niloofar Hamedi mengambil foto orang tua Amini saling berpelukan di rumah sakit Teheran di mana putri mereka terbaring koma.

Gambar, yang diunggah Hamedi di Twitter, adalah sinyal pertama kepada dunia bahwa semuanya tidak baik dengan Amini, yang telah ditahan tiga hari sebelumnya oleh polisi moral Iran karena pakaian yang mereka anggap tidak pantas.

Elaheh Mohammadi meliput pemakaman Amini di kampung halamannya di Kurdi, Saqez, tempat protes dimulai. Sebuah pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh kementerian intelijen Iran dan organisasi intelijen Pengawal Revolusi pada hari Jumat menuduh Hamedi dan Mohammadi sebagai agen asing CIA.

Penangkapan tersebut sesuai dengan narasi resmi bahwa musuh bebuyutan Iran Amerika Serikat, Israel dan kekuatan Barat lainnya dan agen lokal mereka berada di balik kerusuhan dan bertekad untuk mengacaukan negara.

Setidaknya 40 wartawan telah ditahan dalam enam minggu terakhir, menurut kelompok hak asasi manusia, dan jumlahnya terus bertambah.

Pelajar dan perempuan telah memainkan peran penting dalam kerusuhan itu, membakar cadar mereka saat massa menyerukan jatuhnya Republik Islam, yang berkuasa pada 1979.

Sumber: Reuters

TERKINI
Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2 Karier Moncer di Hollywood, Zendaya dan Tom Holland Saling Mendukung