Pantau Pasar Investasi dan Pinjol Bodong, OJK Lakukan "Operasi Intelejen"

Jum'at, 07/10/2022 19:41 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Friderica Widyasari Dewi menjelaskan, OJK melakukan berbagai upaya dalam menghalau beragam jenis pola tawaran investasi yang dianggap bakal merugikan para konsumen atau nasabahnya.

Bahkan OJK memiliki sebuah operasi intelejen. Hal tersebut untuk memantau dan menindak setiap tawaran investasi yang berpotensi merugikan semacam itu. Ha itu, diutarakan Friderica dalam telekonferensi, Jumat (7/10). "Kami sebenarnya punya OIP, yakni Operasi Intelijen Pasar, untuk memantau iklan-iklan (penawaran investasi)," kata Friderica.

Berbagai strategi operasi intelejen pasar itu pun diungkap oleh Friderica. Salah satunya yakni dengan berpura-pura menjadi calon investor, dari sebuah tawaran investasi yang dianggap mencurigakan. "Terkadang kita juga pura-pura (menjadi calon nasabah) mau buka account, baik itu asuransi, pasar modal, reksadana, dan sebagainya," ujarnya.

Langkah ini dilakukan Friderica dan timnya, karena menurutnya OJK ingin menelusuri pola tawaran investasi beserta produk-produk investasi yang ditawarkan oleh pihak-pihak tersebut.

Dia menegaskan, perilaku-perilaku penawaran investasi yang kerap tidak realistis dan terkesan menjanjikan, sebuah hal bombastis kepada para calon nasabahnya. Hal itu ditegaskan memang perlu diterbitkan oleh OJK. "Karena jika tidak, kasihan masyarakat (yang menjadi korban investasi)," kata Friderica.

Melalui operasi intelejen pasar itu, Friderica mengaku bahwa OJK sudah banyak menegur perusahaan atau bahkan agen-agen yang menawarkan investasi. Kebanyakan pengiklan investasi yang sering kena `semprot` oleh OJK, adalah mereka yang suka menjanjikan sesuatu yang bombastis kepada para calon investornya.

"Itu banyak yang kita `semprit` kemarin itu, dari segmen iklan-iklan investasi. Maka tolong bagi masyarakat, kalau ada menemukan yang seperti itu (penawaran investasi bombastis), tolong laporkan kepada kami," ujarnya.

 

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih