66 Mahasiswa Polbangtan YoMa Mengikuti Kegiatan Magang Dunia Usaha

Jum'at, 07/10/2022 04:01 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Sebanyak 66 mahasiswa Program Studi Agribisnis Hortikultura (AH) dan Teknologi Benih (TB) Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) mengikuti magang ke sejumlah mitra Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA).

Dikutip dari siaran Pers BPPSDMP, PolbaMahasiswa yang duduk di semester tiga ini akan menjalani magang selama kurang lebih satu bulan di 16 mitra DUDIKA yang tersebar. 

Direktur Polbangtan YoMa, Bambang Sudarmanto mengatakan, kegiatan magang merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang diterapkan di Polbangtan YoMa. Pasalnya, melalui kegiatan ini, mahasiswa akan lebih jauh mengenal dunia pertanian mulai dari hulu hingga hilir.

"Sebagai penyelenggara pendidikan vokasi yang sangat konsen terhadap pembentukan SDM pertanian unggul dan berkualitas. Di sana mereka tidak hanya sekedar magang bekerja tapi juga akan bisa melihat dan mempelajari proses bisnisnya. Mulai dari memperoleh bahan baku berkualitas, mengolah, mengemas, memanajemen suatu usaha, hingga akhirnya menghasilkan produk kualitas untuk masyarakat," terang Bambang.

Bambang berharap mahasiswa ini dapat mengaplikasikan kompetensinya dengan maksimal sekaligus mengembangkan ilmu dan membangun relasi yang kelak akan sangat berguna selepas lulus dari Polbangtan YoMa.

"Di lokasi magang nanti mereka akan diuji pengetahuannya, diuji ketrampilannya, dan tentunya diuji sikapnya pakah cocok sebagai qualified job creator dan qualified job seeker," terang Bambang.

Terpisaha, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menaruh harapan besar pada generasi milenial, khususnya lulusan pendidikan vokasi Polbangtan di lingkup Kementan untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi diri sebagai petani milenial berkompetensi dengan kualifikasi job creator dan job seeker.

"Kegiatan magang pada mitra swasta akan memacu kreativitas dan inovasi, sekaligus meningkatkan literasi tentang sektor pertanian, manajemen keuangan, orientasi pasar dan sarana prasarana digital," kata Mentan Syahrul.

Komitmen Mentan didukung Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi yang menyebut, mahasiswa Polbangtan sebagai representasi petani milenial, maka diharapkan mereka mampu meneruskan tongkat estafet pembangunan pertanian.

"Program magang diharapkan menjawab tantangan-tantangan DUDI, serta berkontribusi untuk mendukung lahirnya petani milenial unggulan yang berkompetensi," kata Dedi.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2