Ini Bahan Alami yang Bisa Obati Sakit Maag

Senin, 03/10/2022 05:05 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Penyuka makanan pedas sangat rentan terkena sakit maag. Saat penyakit ini kumat, rasanya tidak menyenangkan.

Sebenarnya makanan pedas bukan penyebab utama sakit maag, tapi bisa tingkatkan produksi asam lambung.

Medical News Today menyebutkan jika sakit maag disebabkan infeksi bakteri Helikobakter Pylori, dan penggunaan ibuprofen atau aspirin dalam jangka panjang.

Biasanya akan semakin memburuk pada malam dan pagi hari. Karena produksi asam lambung cukup aktif pada saat itu.

Tapi, jangan khawatir karena penyakit ini bisa diobati menggunakan bahan-bahan alami, yaitu:

1. Buah berwarna-warni

Warna pada buah mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu mengatasi sakit maag, kejang, dan diare. Senyawa ini akan melindungi lapisan perut dengan meningkatkan lendir yang menghambat pertumbuhan helicobacter pylori. Temukan senyawa ini pada apel, bluberi, ceri, lemon, dan jeruk.

2. Probiotik

Probiotik adalah organisme hidup yang dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri di saluran pencernaan. Menurut penelitian, probiotik dapat mengurangi bakteri berbahaya dengan mempercepat proses penyembuhan dan memperbaiki beberapa gejala. Probiotik dapat ditemui pada makanan fermentasi dan yogurt.

3. Kunyit

Kunyit mengandung kurmumin yang memiliki aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sejauh ini penelitian mengatakan bahwa kunyit dapat membantu meredakan sakit maag dan sariawan.

4. Bawang putih

Mengurangi infeksi bisa dibantu dengan mengonsumsi bawang putih yang mengandung antibakteri dan antimikroba ini. Sudah terbukti studi bahwa memakan dua siung bawang putih dua kali sehari dapat mencegah pertumbuhan bakteri helicobacter pylori.

5. Lidah buaya

Tidak hanya memberikan manfaat bagi kulit, lidah buaya juga bisa mengobati sakit maag. Mengonsumsi lidah buaya bisa meredakan radang lambung yang menyebabkan asam lambung naik. Caranya daun lidah buaya diolah menjadi jus dan minum sebelum makan.

TERKINI
KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba