Menlu Ukraina Desak Uni Eropa Larang Semua Turis Rusia

Rabu, 31/08/2022 19:15 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba menyatakan, Uni Eropa harus melarang turis Rusia. Desakan itu disampaikan para menteri luar negeri Uni Eropa berkumpul di Praha.

Kuleba juga mengusulkan sebuah program di mana tentara Rusia yang menyerah akan diberi kehidupan baru, meskipun ia tidak mengatakan di mana.

Negara-negara Timur dan Nordik sangat mendukung larangan pariwisata, sementara Jerman dan Prancis telah memperingatkan rekan-rekan mereka bahwa itu akan kontra-produktif, dengan mengatakan bahwa orang Rusia biasa masih harus diizinkan masuk ke Barat.

Para menteri Uni Eropa pada prinsipnya diharapkan setuju untuk menangguhkan perjanjian fasilitasi visa dengan Moskow - yang berarti Rusia harus menunggu lebih lama, dan membayar lebih, untuk visa - tetapi tidak pada larangan perjalanan Uni Eropa secara langsung.

"Waktu untuk setengah-setengah telah berlalu," kata Kuleba kepada Reuters sebelum bertemu dengan para menteri Uni Eropa, meminta mereka untuk melangkah lebih jauh. "Hanya kebijakan yang keras dan konsisten yang dapat membuahkan hasil."

"Larangan visa untuk turis Rusia dan beberapa kategori lainnya akan menjadi respons yang tepat terhadap perang agresi genosida Rusia di jantung Eropa yang didukung oleh mayoritas warga Rusia," kata Kuleba dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email kepada Reuters.

Dalam memo bersama mereka, Prancis dan Jerman mengatakan bahwa, meskipun pemeriksaan keamanan diperlukan, pelajar, artis, dan lainnya harus tetap diizinkan untuk bepergian ke Uni Eropa.

"Penting untuk membedakan antara penghasut perang dan warga Rusia, seniman, mahasiswa ... Kita harus terus memiliki hubungan dengan mereka," kata Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna, Selasa.

Tetapi Gabrielius Landsbergis dari Lithuania mengatakan lebih banyak yang harus dilakukan. "Posisi Lithuania adalah bahwa jumlah turis (Rusia) yang datang ke Uni Eropa harus ... dikurangi jika tidak sepenuhnya dibatalkan," katanya.

Estonia, Finlandia, Lithuania, Latvia dan Polandia telah menulis pernyataan bersama yang meminta Komisi Eropa untuk mengusulkan langkah-langkah untuk "secara tegas mengurangi aliran warga Rusia ke Uni Eropa dan wilayah Schengen," kata Financial Times.

"Sampai langkah-langkah seperti itu diterapkan di tingkat UE, kami akan mempertimbangkan untuk menyiapkan langkah-langkah sementara di tingkat nasional untuk mengatasi masalah keamanan publik yang akan segera terjadi terkait dengan meningkatnya arus masuk warga Rusia melintasi perbatasan kami," kata FT mengutip mereka. .

Dalam komentarnya kepada Reuters, Kuleba juga mengusulkan peluncuran program khusus bagi tentara Rusia yang tidak ingin berperang di Ukraina lagi.

"(Pesan): selamatkan dirimu dan pergi. Letakkan senjata, menyerah pada pasukan Ukraina, dan dapatkan kesempatan untuk memulai hidup baru," kata Kuleba.

"Saya yakin bahwa tawaran ini layak dibuat, karena bahkan jika seorang tentara Rusia meletakkan senjata dan memutuskan untuk pergi, itu berarti menyelamatkan nyawa Ukraina dan perdamaian yang lebih dekat," kata Kuleba.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mendesak tentara Rusia pada Selasa untuk melarikan diri untuk hidup mereka setelah pasukannya melancarkan serangan untuk merebut kembali Ukraina selatan, tetapi Moskow mengatakan telah memukul mundur serangan itu dan menimbulkan kerugian besar pada pasukan Kyiv.

Sumber: Reuters

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2