Korea Utara Tembakkan Rudal Jelajah saat AS dan Korea Selatan Bersiap Latihan Gabungan

Rabu, 17/08/2022 21:20 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Korea Utara menembakkan dua rudal jelajah ke laut. Ini merupakan uji coba senjata pertama yang dilakukan Pyongyang sejak awal bulan lalu.

"Pagi ini, kami mendeteksi bahwa Korea Utara menembakkan dua rudal jelajah ke Laut Barat dari Onchon, provinsi Pyongan Selatan," kata pejabat militer Korea Selatan kepada kantor berita Yonhap, Rabu (17/8)

Uji coba senjata terakhir terjadi pada 10 Juli, ketika Korea Utara menembakkan apa yang tampak seperti beberapa peluncur roket. Ini terakhir menguji rudal jelajah pada Januari.

"Otoritas militer Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan sedang menganalisis spesifikasi rinci seperti jarak penerbangan," kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan kepada kantor berita AFP.

Peluncuran itu dilakukan sehari setelah Korea Selatan dan AS memulai latihan bersama awal empat hari sebagai persiapan untuk pelatihan lapangan langsung yang telah lama ditangguhkan yang dikenal sebagai Ulchi Freedom Shield, yang berlangsung dari 22 Agustus hingga 1 September.

Latihan tersebut membuat marah Pyongyang, yang melihat mereka sebagai latihan untuk invasi.

Hari Rabu juga menandai 100 hari menjabat untuk Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol yang mengatakan pemerintahnya tidak memiliki rencana untuk mengejar penangkal nuklirnya sendiri dan sebaliknya menyerukan lebih banyak diplomasi.

Yoon menekankan kesediaannya memberikan bantuan ekonomi bertahap ke Korea Utara jika Korea Utara mengakhiri pengembangan senjata nuklir dan memulai denuklirisasi, dan mengatakan bahwa Seoul tidak menginginkan perubahan politik di Korea Utara yang dilakukan secara paksa.

"Setiap dialog antara pemimpin Korea Selatan dan Utara, atau negosiasi antara pejabat tingkat kerja, tidak boleh menjadi pertunjukan politik, tetapi harus berkontribusi untuk membangun perdamaian substantif di semenanjung Korea dan di Asia Timur Laut," katanya dalam konferensi pers.

"Kami tidak menyuruh mereka untuk `denuklirisasi sepenuhnya terlebih dahulu dan kemudian kami akan menyediakannya," tambah Yoon.

"Apa yang kami katakan adalah bahwa kami akan memberikan hal-hal yang kami bisa dalam korespondensi dengan langkah-langkah mereka jika mereka hanya menunjukkan tekad yang kuat menuju denuklirisasi."

Pyongyang telah melakukan gelombang uji coba senjata yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk rudal balistik antarbenua (ICBM) yang dilarang, tahun ini meskipun ada sanksi internasional yang keras yang dijatuhkan atas program senjatanya.

Pembatasan itu tidak berlaku untuk rudal jelajah, tetapi ada spekulasi bahwa Pyongyang sedang bersiap untuk menguji senjata nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017.

Peluncuran rudal terakhir dilakukan pada 5 Juni, dengan delapan rudal balistik jarak pendek, yang ditanggapi oleh Korea Selatan dan AS dengan menembakkan delapan rudal lagi ke perairan lepas pantai timur Semenanjung Korea.

Pada akhir bulan lalu, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mengatakan negara itu siap untuk memobilisasi penangkal nuklirnya.

Sumber: Al Jazeera

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2