Rusia Ajak PBB dan Pakar Palang Merah Selidiki Kematian di Penjara Ukraina

Minggu, 31/07/2022 17:20 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Rusia mengundang pakar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Palang Merah untuk menyelidiki kematian puluhan tahanan Ukraina yang ditahan oleh separatis dukungan Moskow.

 

"Rusia mengundang para ahli dari PBB dan Palang Merah untuk menyelidiki kematian demi kepentingan melakukan penyelidikan yang objektif," kata Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia pada Minggu (31/7).

Kemenhan Rusia telah menerbitkan daftar 50 tawanan perang Ukraina yang tewas dan 73 terluka dalam apa yang dikatakannya sebagai serangan militer Ukraina dengan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) buatan Amerika Serikat (AS).

Angkatan bersenjata Ukraina membantah bertanggung jawab, mengatakan artileri Rusia telah menargetkan penjara untuk menyembunyikan penganiayaan di sana.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba mengatakan pada Jumat bahwa Rusia telah melakukan kejahatan perang dan menyerukan kecaman internasional.

PBB mengatakan pihaknya siap mengirim ahli untuk menyelidiki jika mendapat persetujuan dari kedua belah pihak. Komite Palang Merah Internasional mengatakan sedang mencari akses dan telah menawarkan untuk membantu mengevakuasi yang terluka.

Ukraina menuduh Rusia melakukan kekejaman terhadap warga sipil dan mengidentifikasi lebih dari 10.000 kemungkinan kejahatan perang. Rusia membantah menargetkan warga sipil dan kejahatan perang dalam invasi yang disebutnya sebagai "operasi khusus".

Militer Ukraina mengatakan pada hari Sabtu lebih dari 100 tentara Rusia telah tewas dan tujuh tank dihancurkan di selatan pada Jumat, termasuk wilayah Kherson yang menjadi fokus serangan balasan Kyiv di bagian negara itu dan mata rantai utama di jalur pasokan Moskow.

Lalu lintas kereta api ke Kherson di atas Sungai Dnipro telah dipotong, kata komando selatan militer, yang berpotensi semakin mengisolasi pasukan Rusia di sebelah barat sungai dari pasokan di Krimea yang diduduki dan timur.

Di selatan kota Bakhmut, yang disebut Rusia sebagai target utama di Donetsk, militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia "sebagian berhasil" dalam membangun kendali atas pemukiman Semyhirya dengan menyerbunya dari tiga arah.

Pejabat pertahanan dan intelijen dari Inggris, yang telah menjadi salah satu sekutu setia Ukraina sejak Moskow menginvasi tetangganya pada 24 Februari, menggambarkan pasukan Rusia berjuang untuk mempertahankan momentum.

Ukraina menggunakan sistem rudal jarak jauh yang dipasok Barat untuk merusak tiga jembatan di Dnipro dalam beberapa pekan terakhir, memotong kota Kherson dan - menurut penilaian pejabat pertahanan Inggris - membuat Angkatan Darat ke-49 Rusia sangat rentan di tepi barat sungai.

Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi laporan medan perang.

Pejabat dari pemerintahan yang ditunjuk Rusia yang menjalankan wilayah Kherson awal pekan ini menolak penilaian Barat dan Ukraina atas situasi tersebut.

Pada hari Jumat, kementerian Inggris menggambarkan pemerintah Rusia semakin putus asa, setelah kehilangan puluhan ribu tentara dalam perang. Kepala badan intelijen asing MI6 Inggris Richard Moore menambahkan di Twitter bahwa Rusia "kehabisan tenaga".

Sumber: Reuters

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2