Ini Penyebab Cegukan yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Sabtu, 07/01/2017 10:08 WIB

Baik sadar atau tidak, kamu pernah mengalami cegukan. Kesal bukan? Ya, cegukan memang fenomena tubuh yang datangnya tiba-tiba. Konon, saat cegukan datang kamu diminta cepat-cepat minum air. Atau mitos paling fenomenal lainnya adalah dikagetkan tiba-tiba dari belakang. Cara seperti itu katanya dapat menghilangkan cegukan. Benarkah?

Meskipun sepele, tahukah kamu penyebab cegukan? Yuk simak.

Kejang otot yang tidak terkontrol

Ketika kamu minum atau makan terlalu banyak dan terburu-buru, perut kamu bisa menggembung dan diafragma terganggu, sehingga terjadi semacam  kepanikan. Otot-otot diafragma dan interkostal (otot di antara tulang rusuk) mengalami kontraksi. Sebenarnya kontraksi diafragma sangat normal setiap kali kamu menarik napas, tapi itu bisa bermasalah ketika terjadi melalui distensi (penggembungan) perut. Hal inilah yang menyebabkan kamu harus mengambil napas sangat cepat, sedangkan tubuh tidak bisa mengimbanginya.

Meneguk udara yang terlalu besar

Ketika diafragma kamu mengejang dan paru-paru terpaksa mengambil tindakan ekstra, laring (saluran pernafasan yang terletak di leher) akan membuka, dan otak mengirim sinyal "aku butuh udara lebih banyak", sedangkan tubuh tidak kuat menopangnya. Kondisi ini menimbulkan suara cegukan dimana paru-paru tertutup seketika.

Rata-rata orang mengalami cegukan 6 hingga 7 kali. Jika lebih dari itu, kamu harus mulai was-was dengan pola makan. Pencetak rekor cegukan terbanyak, Charles Osborne, harus menggiling makanan dengan halus, untuk menghindari kesulitan penyerapan makanan sampai ke perutnya.

Jangan sepelekan, cegukan ternyata dapat menimbulkan gejala ringan hingga serius. Di antaranya, mengalami kelelahan yang disebabkan dari kesulitan tidur, kekurangan gizi dan penurunan berat badan karena kesulitan makan, bahkan dehidrasi. Banyak orang juga mengalami nyeri dada selama satu kali atau lebih cegukan. Dikutip dari Grunge dalam beberapa kasus, orang bisa muntah sebagai efek terparah dari cegukan.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2