Kabinet Arab Saudi Tunjuk Wakil Sekretaris Wanita Pertama

Selasa, 05/07/2022 08:50 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Raja Arab SaudiSalman bin Abdulaziz al-Saud mengangkat sejumlah pejabat baru dalam kabinet negara itu, termasuk dua wanita yang telah dipilih untuk jabatan senior.

Al-Shehana binti Saleh al-Azzaz telah ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Menteri Kerajaan, wanita pertama yang memegang jabatan tersebut. Putri Haifa binti Mohammed juga ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata.

Al-Azzaz sebelumnya adalah seorang pengacara berpangkat tinggi di Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi. Ia dikenal sebagai salah satu pengacara wanita pertama yang berpraktik di Kerajaan.

Putri Haifa sebelumnya adalah Asisten Menteri Pariwisata, dan sebelumnya bekerja dengan Perusahaan Investasi Qiddiya, Otoritas Umum Penerbangan Sipil, dan Dana Pengembangan Pariwisata.

Dewan Menteri Arab Saudi adalah kabinet pemerintah yang bertanggung jawab untuk merancang undang-undang. Raja Salman, yang juga Perdana Menteri dan memiliki persetujuan akhir pada semua undang-undang, memimpin dewan.

Dewan Menteri Arab Saudi tersebut didirikan pada tahun 1953 oleh Raja Abdulaziz, pendiri negara Saudi modern. Semua anggota diangkat dengan dekrit kerajaan.

Nagara yang dijuluki Petro Dolar ini menunjuk menteri wanita pertamanya pada tahun 2009, ketika Nora binti Abdullah al-Fayez menjadi Wakil Menteri Pendidikan negara itu.

Di samping itu, Kerajaan juga menunjuk Pangeran Abdulrahman bin Mohammed sebagai penasihat Pengadilan Kerajaan dengan pangkat Menteri. Dr. Bandar al-Rasheed ditunjuk sebagai Sekretaris Putra Mahkota, dengan pangkat Menteri.

Ayman al-Siyari ditunjuk sebagai Wakil Gubernur Bank Sentral Saudi (SAMA) untuk Investasi dan Penelitian, dengan pangkat Menteri.

Mohammed al-Amil ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Menteri Urusan Dewan.

Mansour bin Abdullah bin Ali bin Salamah ditunjuk sebagai Wakil Sekretaris Putra Mahkota.

Abdulaziz bin Ismail bin Rashad Trabzoni dipilih sebagai penasihat Pengadilan Kerajaan. Dr. Rumaih bin Mohammed al-Rumaih sekarang adalah Wakil Menteri Transportasi dan Layanan Logistik.

Ehab bin Ghazi bin Fahmy al-Hashani ditunjuk sebagai Wakil Menteri Urusan Pedesaan dan Perumahan Kota.

Abdulaziz bin Hamad bin Saleh al-Rumaih ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kesehatan untuk Perencanaan dan Pembangunan.

Ahmed bin Sufyan bin Abdulrazzaq al-Hassan sekarang menjadi Asisten Menteri Transportasi dan Layanan Logistik.

Dr. Khalid al-Thaher sekarang adalah Wakil Gubernur Bank Sentral Saudi (SAMA) untuk Kontrol dan Teknologi. Pangeran Abdulrahman al-Muqrin, Sekretaris Jenderal Dewan Menteri, juga telah diberhentikan dari jabatannya.

Sumber: Alarabiya News

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya