Biden: AS Harus Jual Jet Tempur F-16 ke Turki

Jum'at, 01/07/2022 09:20 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan, AS harus menyelesaikan penundaan penjualan jet tempur F-16 ke Turki, tetapi menambahkan bahwa persetujuan Kongres terap diperlukan.

"Kita harus menjual jet F-16 kepada mereka dan memodernisasi jet itu juga," kata Biden, seperti dikutip dari Alarabiya News. 

"Saya perlu persetujuan kongres untuk melakukan itu dan saya pikir saya bisa melakukan itu," tambahnya.

Pernyataan dukungan Biden untuk penjualan jet tempur tersebut muncul setelah Turki membatalkan penentangannya terhadap tawaran keanggotaan NATO dari Finlandia dan Swedia.

Biden mengatakan bahwa tidak ada quid pro quo yang menghubungkan persetujuan Turki atas Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO dan penjualan F-16.

AS telah menghapus Turki dari program tempur serangan gabungan F-35 pada 2019 atas kekhawatirannya karena pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia oleh Ankara.

Bulan lalu, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, negaranya sedang dalam pembicaraan dengan AS untuk membeli jet tempur F-16, bukan F-35.

TERKINI
Siap Laksanakan Topping Off, Duta Indah Starhub Sediakan Promo Menarik DIDIMAX Adakan Kembali Literasi Investasi di Pasar Emas dan Forex DPR Minta Pemerintah Maksimalkan Dukungan IAEA untuk Pembangunan PLTN di Indonesia KPK Periksa Dirut PT Taspen Terkait Korupsi Investasi Fiktif