Presiden China Peringatkan Perang Rusia-Ukraina Bunyikan Alarm Kemanusiaan

Kamis, 23/06/2022 13:45 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden China, Xi Jinping mengatakan, konflik di Ukraina telah membunyikan alarm bagi umat manusia. Namun, ia tidak memberikan indikasi tentang bagaimana perang tersebut dapat diselesaikan.

Beijing tidak mengutuk invasi Moskow ke Ukraina pada 24 Februari dan mengkritik sanksi yang dipimpin Barat terhadap Rusia, bahkan ketika Beijing berusaha mempertahankan hubungannya dengan Ukraina.

"Krisis Ukraina kembali membunyikan alarm bagi umat manusia. Negara-negara pasti akan berakhir dalam kesulitan keamanan jika mereka menempatkan kepercayaan buta pada posisi kekuatan mereka, memperluas aliansi militer, dan mencari keselamatan mereka sendiri dengan mengorbankan orang lain," kata Xi, menurut media pemerintah.

Presiden China, yang tidak mengusulkan solusi apa pun, berbicara pada pembukaan forum bisnis virtual menjelang KTT ke-14 negara-negara BRICS  (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan).

Brasil, India, dan Afrika Selatan juga tidak secara terbuka mengutuk Moskow atas invasinya ke Ukraina.

Xi menggambarkan sanksi sebagai bumerang dan pedang bermata dua yang hanya akan berakhir dengan merugikan kepentingan sendiri serta orang lain, dan menimbulkan penderitaan pada semua orang.

Sejauh ini negara yang telah menjatuhkan sanksi terhadap Berung Merah adalah Amerika Serikat (AS), Inggris dan Uni Eropa, negara-negara termasuk Jepang, Korea Selatan, dan Singapura.

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro mengambil nada diplomatik dalam pidato singkatnya yang direkam di forum tersebut, membicarakan hasil pemerintahannya tanpa menyebut negara lain.

"Konteks internasional saat ini menjadi perhatian karena risiko arus perdagangan dan investasi terhadap stabilitas rantai pasokan energi dan investasi," katanya.

"Tanggapan Brasil terhadap tantangan ini bukan untuk menutup diri. Sebaliknya, kami telah berusaha untuk memperdalam integrasi ekonomi kami," sambungnya.

Kebijakan luar negeri China yang semakin tegas dan dorongan untuk mendominasi pasar global telah mendorong reaksi balik di AS, Eropa dan di tempat lain, meningkatkan seruan untuk menggantikan pemasok China dan mengurangi ketergantungan dunia pada ekonomi China.

Xi, yang telah membangun hubungan dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, menyerukan negara-negara untuk bekerja sama dalam masalah seperti itu, dengan mengatakan bahwa upaya untuk membangun halaman kecil dengan tembok tinggi bukanlah kepentingan siapa pun.

"Globalisasi ekonomi adalah persyaratan objektif untuk pengembangan kekuatan produktif dan tren sejarah yang tak tertahankan,” kata Xi. "Mundur dalam sejarah dan mencoba menghalangi jalan orang lain hanya akan menghalangi jalan Anda sendiri pada akhirnya," katanya.

Sumber: Aljazeera

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2