Edan! Manifes Penumpang KM Zahro 100 Orang, Ternyata...

Senin, 02/01/2017 15:14 WIB

Jakarta - Jumlah penumpang kecelakaan Kapal Motor (KM) Zahro Express di perairan Teluk Jakarta, hingga saat ini belum jelas. Karena, pada manifes penumpang tercatat 100 orang dan ternyata penumpang yang selamat mencapai 194 orang.

Dari kerancuan manifes penumpang itu, Badan SAR Nasional menerjunkan lima penyeram dan mengirimkan kapal untuk menyisir sekitar lokasi kejadian untuk memastikan tidak ada lagi korban penumpang.

Baca juga : KM Zahro Terbakar, 23 Penumpang Tewas

"Kemarin kami mendapat manifes penumpang yang terdiri dari 100 orang. Nyatanya, penumpang selamat saja ada 194 orang. Adapun yang meninggal dunia sebanyak 23 orang dan 17 orang hilang. Nah, kami belum tahu apakah 17 yang hilang ini merupakan bagian dari 23 yang meninggal dunia," kata Kepala Humas Basarnas, Marsudi.

Insiden kebakaran menimpa KM Zahro Express pada Minggu (01/01) sekitar pukul 09.15 WIB sejauh satu mil dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Kapal tersebut menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, untuk bertamasya. Saat ini, KM Zahro Express berada di dermaga Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Kapal itu dalam kondisi hangus terbakar.

Baca Juga : Buntut Kebakaran Zahro, Syahbandar Muara Angke Dicopot

Sementara itu,  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Denny Wahyu, mengatakan terdapat 20 jenazah yang belum diidentifikasi. "Dari keseluruhan 23 jenazah, baru tiga yang dikenali keluarganya," ujarnya.

"Masih ada 20 jenazah lagi belum teridentifikasi karena dalam kondisi terbakar. Sekarang ada pengecekan DNA keluarga dan korban di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati," ujar Denny.

Sedangkan yang selamat di antara 194 orang itu, terdapat nakhoda dan tiga anak buah kapal (ABK). Bersama dua petugas syahbandar, mereka kini Sedang  diinterogasi oleh kepolisian untuk mengetahui penyebab kebakaran kapal tersebut.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Anggota DPR: Larangan Toko Kelontong Beroperasi 24 Jam Bentuk Diskriminasi