Jokowi Resmi Reshuffle Kabinet, Berikut Daftar Menteri dan Wamen Baru

Rabu, 15/06/2022 16:04 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju dan mengumumkannya di Istana Kepresidenan pada hari ini, Rabu (15/6).

Hal itu ditandai dengan pelantikan dua orang menteri dan tiga orang wakil menteri. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan resmi dilantik sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi.

Lalu, mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi akan menggantikan Sofyan Djalil yang telah menduduki jabatan itu sejak 2016 lalu.

Posisi wakil menteri di kabinet Jokowi juga akan mengalami perombakan. Salah satunya Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni akan dilantik menjadi Wakil Menteri ATR/BPN, menggantikan sesama kader PSI Surya Tjandra yang telah menduduki jabatan tersebut sejak 2019 lalu.

Sementara itu, Jokowi juga menempatkan dua orang pada posisi kosong Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Di mana, dua tokoh yang akan mengisi posisi itu yakni Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Watipo dilantik sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Berikut daftar lengkap menteri dan wakil menteri baru hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju:

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi. Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto menjadi Menteri ATR/ Kepala BPN menggantikan Sofyan Djalil. Wakil Menteri PUR Wempi Wetipo digeser menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri. Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan. Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni menjadi Wakil Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Surya Tjandra.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2