Kemdikbudristek Serukan Pemulihan Kebudayaan di Dunia

Selasa, 31/05/2022 09:01 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menggelar pertemuan dengan 20 kedutaan asing anggota G20 di Museum Nasional, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, Hilmar Farid, menyampaikan bahwa puncak G20 bidang Kebudayaan adalah Culture Ministers Meeting (CMM) yang akan diselenggarakan di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 12 dan 13 September 2022.

Salah satu rangkaiannya ialah G20 Orchestra, dengan melibatkan seniman dari berbagai negara yang dipimpin oleh Ananda Sukarlan. Selain itu, juga akan dilaksanakan ruwatan bumi, yang berarti menjaga tempat manusia hidup. Ini merupakan ritual tradisi Indonesia sebagai upacara mengembalikan kemurnian dan kesucian Bumi.

Hilmar menyebutkan akan bersama meruwat bumi setelah dunia selama hampir tiga tahun dihantam pandemi Covid-19 yang luar biasa. Ditambahkan, seluruh kegiatan budaya lain juga akan dilaksanakan di sekitar kawasan Candi Borobudur dengan melibatkan masyarakat sekitar.

"Semangat kebudayaan harus terus dibangun dan even internasional ini harus melibatkan masyarakat, khususnya masyarakat sekitar Borobudur, sehingga masyarakat tidak hanya menjadi penonton," ujar Hilmar pada Senin (30/5).

Hilmar menjelaskan bahwa hal itu selaras dengan pesan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang meminta agar pertemuan G20 tidak hanya bersifat seremonial. Hilmar menambahkan pada pertemuan tingkat menteri bidang kebudayaan ini Indonesia menginisiasi pendanaan global untuk seni dan budaya, dengan mengajak seluruh negara bersama-sama gotong royong mendukung pemulihan kebudayaan di dunia.

Selain serangkaian kegiatan budaya yang keseluruhannya mengangkat soal kebudayaan untuk hidup berkelanjutan. Pada kesempatan tersebut, Hilmar juga menyampaikan bahwa makanan yang akan disuguhkan kepada delegasi seluruhnya mengangkat konsep `from local farm to table`.

"Inilah jalan kebudayaan yang ditawarkan Presidensi Indonesia di G20," tutup Hilmar.

TERKINI
Dasco Pastikan Daftar Kabinet Prabowo-Gibran yang Beredar Tidak Benar Dunia Alami Krisis Guru, Ini Saran PGRI ke Pemerintah Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China