Australia Desak China Turunkan Tarif Perdagangan

Rabu, 25/05/2022 16:05 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Ekonomi Australia meminta China untuk menurunkan sanksi tarif perdagangan jika ingin mencairkan hubungan yang membeku, setelah Beijing mengirim pesan yang menandakan siap untuk meningkatkan hubungan.

China, mitra dagang terbesar Australia memberlakukan tarif dan mengganggu lebih dari selusin industri utama, termasuk anggur, jelai dan batu bara, karena hubungan memburuk tajam dalam dua tahun terakhir.

Canberra telah membuat Beijing kesal dengan menyerukan penyelidikan independen tentang asal mula pandemi virus corona (COVID-19) dan  melarang raksasa telekomunikasi Huawei membangun jaringan 5G Australia.

Bendahara Jim Chalmers mengatakan Australia merasakan sakitnya tekanan perdagangan China, menyerukan agar tindakan itu dicabut sesegera mungkin.

"Mereka merusak ekonomi kita. Mereka membuat hidup lebih sulit bagi beberapa majikan dan pekerja kita di sini di Australia," katanya kepada penyiar publik ABC.

"Jelas, kami ingin melihat langkah-langkah itu dicabut. Itu akan menjadi awal yang sangat bagus, dalam hal bagaimana kami mengelola hubungan yang sangat kompleks, hubungan yang menjadi lebih kompleks dari waktu ke waktu."

Perdana Menteri China, Li Keqiang mengirim ucapan selamat kepada Perdana Menteri yang baru terpilih Anthony Albanese awal pekan ini, kontak tingkat tinggi paling signifikan antara Beijing dan Canberra setidaknya dalam dua tahun.

Surat Li mengatakan China siap bekerja dengan Australia untuk meninjau masa lalu, melihat ke masa depan dan mempromosikan kemitraan strategis yang komprehensif, kata kantor berita Xinhua, Senin.

Perdana menteri mengatakan Australia akan menanggapi dengan tepat.

Pesan China membuka jalan bagi dialog tetapi prospeknya sulit diprediksi, kata Elena Collinson, seorang peneliti di Institut Hubungan Australia-China di Universitas Teknologi Sydney.

"Tentu saja reset tidak sebentar lagi," katanya.

Sementara Australia menuntut diakhirinya hukuman ekonomi China, sikap keras terhadap China Canberra mungkin membuat lebih sulit untuk menyetujui konsesi yang kemungkinan akan diminta Beijing, kata Collinson.

Bendahara Australia mengatakan Canberra akan berurusan dengan "cara yang dipertimbangkan, bijaksana, non-partisan" dengan sikap "lebih agresif dan lebih tegas" China di kawasan Pasifik.

"Semakin kuat suatu wilayah, semakin kohesif wilayah tersebut, semakin aman, semakin sejahtera," ujarnya.

Australia khawatir tentang pengaruh Beijing yang berkembang di kawasan Pasifik, termasuk pakta keamanan baru-baru ini antara China dan Kepulauan Solomon.

Rancangan perjanjian yang bocor, yang belum dipublikasikan, termasuk bagian yang akan memungkinkan pengerahan angkatan laut China ke Kepulauan Solomon - kurang dari 2.000 km dari Australia.

Menteri luar negeri China, Wang Yi, pada Kamis akan memulai tur 10 hari ke negara-negara kepulauan Pasifik, termasuk Kepulauan Solomon, Fiji, dan Papua Nugini.

Mengumumkan perjalanan itu, kementerian luar negeri China mengatakan itu akan "bermanfaat bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan Asia-Pasifik".

Perdana Menteri Australia menghadiri pertemuan puncak "Quad" di Tokyo pada hari Selasa dengan para pemimpin AS, India dan Jepang, yang bersama-sama memperingatkan terhadap upaya untuk "mengubah status quo dengan paksa" di kawasan Asia-Pasifik.

Pemerintah Kepulauan Solomon memutuskan hubungan dengan Taiwan pada September 2019 demi hubungan diplomatik dengan China, sebuah peralihan yang membuka investasi tetapi memicu persaingan internal.

Sumber: AFP

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2