Kementan Perkuat Fungsi BPP Kostratani sebagai Pusat Konsultasi Agribisnis

Sabtu, 21/05/2022 15:49 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pertanian (Kementan) maksimalkan program pembangunan pertanian dengan melakukan transformasi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) menjadi BPP Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani). 

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, kostratani adalah pusat pembangunan pertanian tingkat kecamatan. 

"Kostratani merupakan optimalisasi tugas, fungsi, dan peran BPP dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional," ujar Syahrul.

Disebutkan Syahrul fungsi BPP Kostratani ada lima yaitu BPP sebagai pusat data dan informasi pertanian, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat jejaring kemitraan.

"BPP juga sebagai pusat konsultasi agribisnis, yaitu menyediakan pelayanan jasa konsultasi agribisnis dan manajemen usaha tani untuk melayani kebutuhan pengetahuan dan wawasan dalam pengembangan usaha agribisnis pelaku utama dan pelaku usaha di bidang pertanian," katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan bertani merupakan sarana untuk mendapatkan keuntungan, maka harus dibangun sistem bisnis pertanian yang kokoh dari hulu sampai hilir.

"Harus dibangun sistem agribisnis yang kokoh dimulai dari pemberdayaan petani dan penyuluh sebagai ujung tombak pembangunan pertanian," ujar Dedi pada acara Saat Mentan Sapa Petani dan Penyuluh Pertanian (MSPP), Jumat (20/5).

Dalam kegiatan tersebut, hadir sebagai narasumber Ketua Harian HKTI Jawa Barat Ir. Entang Sastraatmaja yang menjelaskan bahwa dalam pemenuhan BPP Kostratani sebagai jasa konsultasi agribisnis oleh setiap penyuluh, maka BPP telah melakukan beberapa terobosan terkait hal tersebut.

"Terobosan yang perlu dilakukan yaitu kerjasama dengan koperasi – koperasi yang ada di Kecamatan, perusahaan – perusahaan yang berada di kecamatan, memberikan informasi secara berkala kepada kelompok tani dan gapoktan dalam setiap bulannya serta membuat demplot pada lahan percontohan BPP termasuk demplot ternak sapi," ungkap Entang.

Hadir narasumber kedua, Ketua Umum Duta Petani Milenial dan Duta Petani Andalan, Sandi Okta Susila, menjelaskan terkait kiat membangun bisnis di pedesaan.

Sandi mengungkapkan bahwa kita perlu menciptakan ekonomi yang berkeadilan. Hal tersebut bisa dicapai dengan memotong jalur agribisnis pertanian yang tadinya masih melalui tengkulak, bandar, pasar induk dll menjadi hanya melalui distributor (dalam hal ini PT Sinergi Tani Indonesia) dan langsung ke konsumen. 

Terdapat 5 prinsip bisnis yang perlu diperhatikan menurut Sandi, yaitu berbasis ilmu, inovatif, strategi, niat yang kuat, informasi dan teknologi serta supel. "Bisnis pertanian tidak akan pernah ada matinya manakala manusia masih hidup," pungkas Sandi.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2