Spanyol Catat 24 Kasus Baru Cacar Monyet terkait dengan Sauna

Sabtu, 21/05/2022 09:21 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Otoritas kesehatan di Spanyol melaporkan pada Jumat 24 kasus baru cacar monyet yang dikonfirmasi, terutama di wilayah Madrid di mana pemerintah daerah menutup sauna terkait dengan sebagian besar infeksi.

Dikutip dari Reuters, jumlah total di Spanyol kini telah mencapai 30, sementara 23 kasus yang dikonfirmasi kini telah diidentifikasi di negara tetangga Portugal, di mana sembilan kasus baru terdeteksi pada hari Jumat.

Pihak berwenang Madrid telah berupaya melacak kasus-kasus itu terutama dari satu wabah di sauna, kata kepala kesehatan regional Enrique Ruiz Escudero kepada wartawan, Jumat. Kata sauna digunakan di Spanyol untuk menggambarkan tempat-tempat yang populer dengan pria gay yang mencari seks, bukan hanya pemandian.

“Departemen Kesehatan Masyarakat akan melakukan analisis yang lebih detail lagi untuk mengendalikan penularan, memutus mata rantai penularan dan berusaha memitigasi penularan virus ini semaksimal mungkin," katanya.

Wilayah Extremadura mengkonfirmasi kasus pertamanya pada Jumat sore. Sebanyak 18 kasus lain yang dicurigai sedang diselidiki di Spanyol, 15 di wilayah Madrid, dua di Kepulauan Canary dan satu di Andalusia, kata otoritas kesehatan.

Lebih dari 100 kasus infeksi virus yang lebih umum di Afrika barat dan tengah kini telah dilaporkan di Eropa.

Ini adalah infeksi yang biasanya ringan, dengan gejala termasuk demam, sakit kepala dan ruam bergelombang yang khas.

Dua puluh kasus telah terdeteksi di Inggris - di mana pihak berwenang menawarkan vaksin cacar kepada petugas kesehatan dan orang lain yang mungkin telah terpapar.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris mengatakan sebagian besar kasus baru-baru ini di Inggris dan Eropa ditemukan pada pria gay dan biseksual.

Spanyol sedang menilai pilihan terapi yang berbeda, seperti antivirus dan vaksin, tetapi sejauh ini semua kasus memiliki gejala ringan dan  karena itu tidak ada pengobatan ad hoc khusus yang diperlukan, menteri Kesehatan Spanyol Carolina Darias mengatakan kepada wartawan pada Jumat.

Kasus-kasus Portugis tetap dalam tindak lanjut klinis tetapi tidak ada yang dirawat di rumah sakit karena semuanya stabil, kata otoritas kesehatan.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya