Alasan Air Putih Wajib Dikonsumsi Saat Perjalanan

Minggu, 25/12/2016 14:45 WIB

Jakarta - Saat tengah melakukan perjalanan liburan, minum air putih dalam jumlah yang cukup sangat dianjurkan. Pasalnya, tubuh akan banyak memerlukan cairan saat perjalanan, apalagi ketika terjebak kemacetan.

"Mengkonsumsi air putih itu baik untuk pencernaan. Apalagi dalam melakukan perjalanan liburan, pasti membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama," kata dr Amalia Zenia, salah seorang dokter umum yang praktik di bilangan Depok.

Menurutnya, air putih yang masuk ke dalam tubuh berfungsi untuk melancarkan pencernaan serta membuang hasil sisa zat metabolisme dan tentu produksi air liur.

"Air putih bisa jadi pertahanan tubuh kita dan 90 persen dari tubuh manusia itu terdiri dari air. Otak juga kandungan terbesarnya air," lanjut dr Amalia.

Seperti diketahui, jika tubuh kekurangan air, maka konsentrasi seseorang bisa berkurang, bahkan membuat pikiran menjadi tidak fokus sehingga dapat menjadi penyebab kecelakaan.

“Kekurangan cairan sangat berbahaya apalagi kalau kita tengah melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai mobil," ujarnya.

Sementara itu terkait kekurangan cairan, Kementerian Kesehatan RI melalui Kepala Pusat Krisis Kesehatan RI, Achmad Yurianto, beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa kelelahan dan kekurangan cairan saat diperjalanan dapat berdampak fatal, terlebih pada kelompok rentan, seperti anak-anak, orang tua, pemudik dengan penyakit kronis (hipertensi, diabetes, jantung). Di samping itu, kondisi kabin kendaraan yang relatif sempit serta tertutup dengan pemakaian AC yang terus menerus akan menurunkan oksigen serta naiknya CO2.

Nah, bagi Anda yang lelah dan mengatuk akibat terjebak kemacetan panjang saat musim liburan ini, disarankan untuk mengkonsumsi air putih dan memanfaatkan fasilitas peristirahatan terdekat guna meregangkan otot badan yang kaku sehingga dapat melanjutkan perjalanan kembali dengan kondisi badan yang fit.[yog]

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2