Pemimpin Korea Utara dan Selatan Bertukar Surat

Jum'at, 22/04/2022 15:30 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un bertukar surat persahabatan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in minggu ini, yang digambarkan media pemerintah Korea Utara sebagai momen berita positif yang langka bagi kedua negara.

Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan, Moon mengirimi Kim surat awal pekan ini dan mengatakan akan terus bekerja menuju penyatuan Korea setelah pensiun.

Kim lalu mengucapkan terima kasih kepada Moon atas pekerjaannya atas nama tujuan besar bangsa. Ia juga mengatakan upaya bersama mereka memberinya harapan untuk masa depan dan berharap hubungan antar-Korea akan meningkat.

Korea Selatan mengkonfirmasi bahwa kedua pemimpin itu telah bertukar surat pada hari Jumat.

Pertukaran surat terjadi pada saat yang menegangkan di semenanjung Korea karena citra satelit menunjukkan penggalian baru di lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri, menunjukkan bahwa Pyongyang mungkin memperbarui aktivitas nuklir setelah menutup situs tersebut pada 2018.

Korea Utara juga melakukan uji coba senjata taktis baru akhir pekan lalu bertepatan dengan peringatan kelahiran pendiri Kim Il Sung dan, pada akhir Maret, melanggar moratorium empat tahun pengujian rudal balistik internasional.

Analis mengatakan mungkin ada lebih banyak pengujian sekitar 25 April ketika Pyongyang merayakan berdirinya Tentara Rakyat Korea.

Moon akan menyelesaikan masa jabatan lima tahunnya ketika Presiden terpilih Yoon Suk-yeol dari Partai Kekuatan Rakyat mulai menjabat pada 10 Mei. Di bawah hukum Korea Selatan, presiden hanya dapat menjabat satu kali masa jabatan lima tahun.

Moon telah menggunakan masa jabatannya untuk terlibat dengan Korea Utara dan bertemu Kim tiga kali yang belum pernah terjadi sebelumnya selama masa kepresidenannya.

Ia juga telah menetapkan tujuan jangka panjang untuk secara resmi mengakhiri Perang Korea, yang berakhir dengan gencatan senjata daripada perjanjian damai pada tahun 1953.

Namun, keinginan Moon untuk rekonsiliasi tidak membuat pemerintahannya menyerukan sanksi lebih lanjut terhadap Korea Utara setelah putaran peluncuran ICBM baru-baru ini, menurut NK News.

Pada Februari, ia juga memperingatkan, semenanjung Korea akan dilanda “krisis” jika uji coba nuklir atau rudal jarak jauh dilanjutkan. Korea Utara, pada gilirannya, telah mengeluarkan peringatan keras terhadap setiap aktivitas militer oleh tetangga selatannya dan mengatakan bahwa mereka mampu melakukan "pemusnahan".

Presiden Yoon yang akan menggantikan Moon telah digambarkan lebih "hawkish" daripada Moon dan mengatakan kebijakan luar negerinya terhadap Korea Utara akan fokus pada "denuklirisasi lengkap", serta masalah "timbal balik" dan "hak asasi manusia".

Sumber: Aljazeera

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2