Jakarta Dipersiapkan jadi Pusat Ekonomi dan Bisnis

Rabu, 23/03/2022 22:18 WIB

Jakarta, Jurnas.com - DKI Jakarta bakal dipersiapkan sebagai kota pusat ekonomi dan bisnis berskala global, setelah tidak lagi menjadi ibu kota negara (IKN).

“Saingan Jakarta nantinya bukan lagi kota-kota di Indonesia, tetapi Singapura, Kuala Lumpur, Sydney, dan lainnya. Untuk itu Jakarta telah menyusun rencana pembangunan daerah 2022-2026,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Rabu (23/3/2022).

Riza optimstis meski tidak lagi menjadi IKN, tetapi dengan berbagai keunggulan kota terutama dari sisi infrastruktur dan sumber daya manusia, maka Jakarta akan tetap eksis sebagai kota termaju di Indonesia.

Menurutnya, dengan pemindahan IKN ke Kalimantan Timur (Kaltim) justru membantu mengurangi beberapa permasalahan di Jakarta. Dengan adanya warga yang berpindah, maka berpotensi dapat mengurangi kemacetan dan polusi, termasuk penurunan muka tanah.

Riza menyebut Pemprov DKI bersama para pakar juga tengah menyusun konsep naskah akademik RUU tentang Kekhususan Jakarta. Diharapkan, RUU ini dapat menjadi payung hukum mengakomodasi kepentingan Jakarta menjadi kota yang lebih baik.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih